Bupati Lamsel Berikan Tali Asih Kepada Ketua RT

oleh -203 views
LAMSEL, HR – Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza SZP mengadakan silaturahmi dan sekaligus memberikan Tali Asih kepada Ketua RT Rukun Tetangga) se- Kecamatan Sidomulyo, Candi Puro, dan Kecamatan Way Panji yang dipusatkan di Balai Desa Sidoreno, Kecamatan Way Panji, belum lama ini.
Rycko dalam sambutannya mengatakan, ketua RT bertugas membantu dan merupakan mitra pemerintah desa dalam memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat dan berfungsi sebagai wadah dalam penyaluran aspirasi masyarakat, penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat serta untuk mendorong dan memotivasi masyarakat agar lebih berperan aktif dalam kegiatan pembangunan.
Menurutnya, peranan Rukun Tetangga sangat penting dalam menopang jalannya roda pemerintahan yang ada di desa/kelurahan, sehingga apabila RukunTetangga diberdayakan sesuai tugas dan fungsinya maka program-program pemerintah seperti pendataan kependudukan, penyampaian bantuan sosial dan lain-lain dapat berjalan dengan baik.
Dengan demikian maka menjadi Ketua RT merupakan suatu tugas yang sangat mulia dan strategis karena Ketua RT memiliki tugas-tugas antara lain membantu terciptanya ketentraman dan ketertiban masyarakat.
Membantu menyebarluaskan dan mengamankan setiap program Pemerintah. Menjembatani hubungan antara sesame anggota masyarakat dan antara anggota masyarakat dengan Pemerintah. Membantu penyelenggaraan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab Pemerintah.
“Tugas pengabdian yang diemban oleh ketua RT tersebut memang cukup berat, namun saya yakin para ketua RT dapat melaksanakan tugas pengabdian tersebut dengan ihklas semata-mata bentuk pengadian dan pelayanan kepada masyarakat,”kata Bupati.
Sebagaimana diketahui, kata Rycko, bahwa pemberian dana Tali Asih bagi Ketua RT pada tahun 2011 dan 2012 sebesar Rp.100.000, tahun 2013 sebesar Rp. 350.000, tahun 2014 sebesar Rp. 350.000 dan tahun 2015 ini meningkat lagi menjadi Rp.500.000,-.
Sedangkan jumlah RT se-Kabupaten Lampung Selatan saat ini berjumlah 4.902 orang, dan pada tahun 2014 ini akan diberikan Tali Asih sebesar Rp. 350.000 per orang atau naik sebesar Rp.100.000,- dibanding tahun lalu. Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah menyiapkan dana sebesar Rp.1.715.700.000. “Namun demikian kami akan terus berupaya agar di tahun-tahun yang akan datang ada peningkatan,”janji Bupati. ■santi

Tinggalkan Balasan