Safari Ramadhan, Membangun Komunikasi Harmonis Antara Pemerintah dan Masyarakat

LAMSEL, HR – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melaksakan dan membentuk Tim Safari Ramadhan, yang salah satu substansi atau tujuannya adalah membangun komunikasi yang harmonis antara pemerintah dengan masyarakat.
Hal tersebut dikemukakan Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza SZP dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Eki Setyanto pada Safari Ramadhan 1436 H Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan di Desa Kalirejo Kecamatan Palas, Kamis malam, belum lama ini.
Dikatakannya, komunikasi yang harmonis adalah sebuah keniscayaan bagi kelancaran dan kesuksesan tugas dan kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Tanpa terbangun komunikasi harmonis antara pemerintah dan masyarakat dikhawatirkan akan terjadi ketimpangan informasi yang akan berakibat hilangnya rasa memiliki dar masyarakat terhadap berbagai aktifitas pembangunan. Dan tentu ini sangat merugikan dari aspek partisipasi publik sebagai sebuah syarat pembangunan yang partisipatif.
Selain itu, katanya, misi dari Tim Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan adalah menyemarakkan syiár Ramadhan melalui ceramah keagamaan, menyampaikan informasi pembangunan dan menyerap serta menampung aspirasi masyarakat terkait dengan kesinambungan dan kelanjutan pembangunan Kabupaten Lampung Selatan.
“Jika selama kurun waktu lima tahun pelaksanaan pemerintahan saya, masih ada program pembangunan yang belum terlaksana atau belum dilaksanakan dengan baik, saya menyampaikan permohonan maaf yang setinggi-tingginya. Selaku manusia biasa, tentu saya pun tak luput dari kekurangan. Waktu lima tahun ini, memang terasa cukup singkat, untuk kita berbuat yang lebih baik bagi masyarakat. Masih banyak program yang harus kita lakukan,”ujarnya.
Lebih lanjut dalam pesan dikatakan, program-program tersebut akan tetap kita lanjutkan dan tingkatkan kualitasdan pelayanannya. Demikian juga pertumbuhan ekonomi masyarakat harus lebih baik lagi.
Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam kurun waktu lima tahun terakhir telah banyak mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dari pertumbuhan ekonomi maupun tingkat kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Kondis iini membuktikan bahwa kita telah mengalami kemajuan dari sudut kinerja pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Hal lain juga dapat kita lihat pada tingkat kesejahteraan masyarakat, yang senantiasa bergerak meningkat dari tahun ketahun.
Disamping itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan juga telah banyak memberikan bantuan kemasyarakatan.
Berbagai bentuk bantuan dalam rangka menunjang pembangunan di bidang pertanian dan peternakan juga telah diberikan.
Bantuan masyarakat lain yang juga telah diberikan, antara lain,bantuan sosial masyarakat berupa bedah dan peralatan rumah, bantuan bantuan korban bencana, bantuan rumah ibadah, perjalanan spiritual seperi Umroh, tirtayatra, dharmayatra dan hollyland, serta pelatihan keterampilan bagi masyarakat dan peningkatan alokasi dana pembangunan desa. ■santi

Tinggalkan Balasan