Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi bagi Anggota DPRD Kabupaten Kota Pada Pemilihan Umum Tahun 2024

oleh -151 views

PAGARALAM, HR – Bertempat di Gedung Seminar Hotel Favour, Dusun Tanjung Aro, Kota Pagaralam, hari ini Kamis (15/12/2022). KPU Kota Pagaralam adakan kegiatan Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi bagi Anggota DPRD Kab/Kota Pada Pemilihan Umum Tahun 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Kota Pagaralam Rahmat Qori Setiawan dan sambutan SEKDA Kota Pagaralam Drs.Samsul Bahri Burlian M.Si, Narasumber Divisi Teknis Penyelenggaraan, Kristian Hadinata

Berdasarkan lampiran pengumuman KPU Kota Pagaralam nomor: 277/PL.01.3-PU/1672/2022 tentang rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pagar Alam dalam pemilu tahun 2024, adanya pergeseran kursi di daerah pemilihan 1 dan 2.

Sesuai dengan PKPU nomor 6 Tahun 2022 pasal 1,  uji publik adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota untuk mengetahui dan memperoleh masukan dari masyarakat atau pemangku kepentingan lainnya terhadap rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi.

Untuk itu penataan daerah pemilihan atau dapil sangat penting Selain sebagai arena kompetisi dan kontestasi dalam penyelenggaraan pemilu, Dapil dan alokasi kursi juga akan menentukan derajat keterwakilan politik yang dihasilkan pada penyelenggaraan pemilu.

“Berkenaan dengan hal ini tentunya harus dapat kita pahami bersama dan berharap dengan adanya pergeseran kursi ini tidak menyebabkan simpang siur dan kericuhan terhadap partai politik dan KPU Kota Pagar Alam sehingga kita dapat menjaga kekondusifan penyelenggaraan pemilu 2024,” ucap Samsul Bahri Burlian.

Sekda menambahkan bahwa Pemerintah Kota Pagar Alam sangat mendukung penuh proses tahapan yang dijalankan KPU Kota Pagar Alam ini dan tidak ada kepentingan dalam penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi.

“Sehingga dalam pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024 Kota Pagaralam berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama, serta melalui kegiatan pada hari ini juga nantinya dapat menjamin penyelenggaraan pemilu 2024 yang aman, damai dan kondusif,” ujarnya.

Loading...

Hadir pada kegiatan ini Unsur Forkopimda, Kasubag Parmas KPU Provinsi Sumatera Selatan, Kaban Kesbangpol, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Satpol PP, Bawaslu, Seluruh Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, rekan-rekan media, Akademisi dan Partai Politik se-Kota Pagaralam. jauhari gunawan

Tinggalkan Balasan