SMK 2 Tanbu ditunjuk Gelar UN Online

oleh -266 views
BATULICIN, HR – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 2) Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu ditunjuk menggelar Ujian Nasional (UN) secara online menggantikan SMKN1 yang sebelumnya sudah ditunjuk oleh pemerintah.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Tanah Bumbu Ir. Sartono, MM membenarkannya. Dia menjelaskan pada awalnya SMKN1 adalah Sekolah Pilot Projec IT Center di Kalimantan Selatan. Namun setelah melalui proses perifikasi ternyata sarana komputer yang dimiliki Sekolah itu tidak mendukung, hanya ada 60 unit saja dari 130 unit komputer yang dipersyaratkan. Sehingga ditunjuklah SMKN2 untuk menggantikannya.
“Memang SMKN2 sebelumnya sudah mengajukan diri untuk siap menggelar UN Online dengan alasan sudah memiliki sarana penunjang seperti Komputer sebanyak 30% dari syarat minimal Sekolah penyelenggara UN Online. Akhirnya setelah diperifikasi pemerintah menyetujuinya” ungkap Sartono.
Salah satu Sayarat untuk menyelenggarakan UN online, minimal Sekolah memiliki komputer 1/3 dari jumlah peserta ujian dengan spesifikasi tertentu.”kalau jumlah murid peserta UN online sebanyak 300 siswa, maka minimal komputer yang dimiliki harus berjumlah 100 unit”, terangnya.
Diakui Sartono, untuk sementara ini karena UN online adalah tahapan uji coba dari pemerintah pusat maka pada saat ujian berlangsung, posisi komputer tidak online tapi offline sampai data ujian masuk semua ke server. Kedepannya semua akan online tentunya.
“Kita akui ujian nasional di Tanah Bumbu masih banyak kekurangan, seandainya pelaksanaan online gagal sistem manual sudah kami siapkan. segala kemungkinan akan di antisipasi secara maksimal”,pungkas Sartono. ■ am

Tinggalkan Balasan