SCG Gelar Sesi Pengembangan Diri bagi 13 Mahasiswa Penerima Beasiswa Sharing the Dream 2022: Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing Pemuda Indonesia

oleh -285 views
oleh
SCG Gelar Sesi Pengembangan Diri bagi 13 Mahasiswa Penerima Beasiswa Sharing the Dream 2022: Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing Pemuda Indonesia.

SUKABUMI, HR – SCG, perusahaan terkemuka di ASEAN dengan tiga unit bisnis; Semen dan Bahan Bangunan, Kemasan, dan Bahan Kimia, selenggarakan sesi pengembangan diri atau capacity building bagi 13 mahasiswa penerima beasiswa SCG Sharing the Dream 2022 pada Sabtu (11/03) secara daring. Sesi yang mengangkat tema public speaking ini menghadirkan Wicky Adrian, seorang profesional news anchor, sebagai pemateri. Acara ini merupakan bentuk komitmen SCG untuk mendukung kemajuan Indonesia melalui peningkatan kualitas SDM sebagai negara yang akan memasuki era bonus demografi pada 2030—2040[2] sekaligus bentuk penerapan prinsip ESG 4 Plus, khususnya dalam mengurangi ketimpangan sosial. Jakarta, 13 Maret 2023.

Presiden Direktur PT SCG Indonesia, Chakkapong Yingwattanathaworn, mengatakan, “Program Beasiswa SCG Sharing the Dream bukan hanya mendukung para mahasiswa dengan memberikan dana pendidikan hingga mereka lulus perkuliahan, tetapi juga mendukung aspek pengembangan diri mereka. SCG percaya bahwa dengan kemampuan soft skill yang mumpuni, para scholars dapat bersaing dan mendukung kemajuan Indonesia di masa depan sebagai generasi penerus bangsa.”

Pelatihan yang terdiri dari pemaparan materi hingga sesi praktik ini memperoleh antusiasme yang sangat besar dari para peserta, seperti yang diutarakan oleh Rizki Maulana Riwayanto, Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman asal Kabupaten Sukabumi, “Saya sangat bersemangat mengikuti pelatihan public speaking ini. Hal ini bukan hanya karena materinya yang sangat menarik, namun pembicara yang dihadirkan juga merupakan seorang yang sangat ahli di bidangnya. Saya merasa sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari 13 mahasiswa penerima beasiswa SCG Sharing the Dream. Materi hari ini akan sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman.”

Wicky Adrian, pembawa berita dan produser eksekutif di salah satu stasiun TV di Indonesia, selaku pemateri, memaparkan, “Public speaking merupakan keterampilan yang perlu dilatih. Berbicara dengan jelas merupakan hal utama yang paling penting dalam public speaking agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Adapun rasa gelisah atau nervous merupakan hal yang diperlukan untuk menjadikan diri lebih waspada dan mempersiapkan materi dengan baik. Saya merasa senang dapat berbagi pada acara ini dan percaya para penerima beasiswa SCG Sharing the Dream akan mampu menjadi pembicara yang andal di masa depan.”

Sementara itu, Nabila Nur Sya’bani, Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Penerima Beasiswa SCG Sharing the Dream, mengatakan, “Terima kasih kepada SCG Sharing the Dream karena sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat belajar bersama Kak Wicky Adrian yang sangat luar biasa. Setelah menerima materi ini, saya menjadi lebih paham dan semakin percaya diri untuk berbicara di depan umum. Saya berharap dengan terus berlatih public speaking, saya dapat menyampaikan hal yang bermanfaat bagi banyak orang.”

Beasiswa SCG Sharing the Dream 2022 ini diberikan kepada 493 pelajar Indonesia, terdiri dari 480 siswa SMA dan sederajat serta 13 mahasiswa. Sejak 2012, SCG telah memberikan lebih dari 3.570 beasiswa untuk pelajar Indonesia, khususnya yang berdomisili di area sekitar perusahaan, yakni Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Karawang, Sukabumi, Lebak, dan Bekasi. Tahun 2022 juga menandai perjalanan 10 tahun perjalanan beasiswa SCG Sharing the Dream dalam berkontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia.

Adapun dana pendidikan yang disalurkan terdiri dari dua kategori, yakni 1) Pelajar SMA sebesar Rp2.000.000 per orang per tahun; dan 2) Mahasiswa S1 sebesar Rp8.000.000 per orang per tahun selama maksimal empat tahun masa perkuliahan. Selain itu, SCG juga memberikan beragam pelatihan dan menyelenggarakan tiga proyek lingkungan dan sosial terpilih dari para scholars pada 2022—2023.

“Kami berharap melalui program beasiswa SCG Sharing the Dream, perusahaan dapat menciptakan dampak yang strategis dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, serta tercapainya pengurangan kesenjangan sosial di masyarakat sejalan dengan kampanye SCG ESG 4 Plus di Indonesia,” tutup Presiden Direktur PT SCG Indonesia, Chakkapong Yingwattanathaworn. ida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *