PTPN V Bantu Pinjaman Kemitraan Untuk 28 UKM di Rohul

oleh -202 views
ROKAN HULU, HR – Sebanyak 28 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapat pinjaman dana program kemitraan dari PTP Nusantara V (PTPN V), dengan total bantuan sebesar Rp 535 Juta.
Petinggi PTPN V
bersama para penerima bantuan secara simbolis.
Bantuan pinjaman tersebut telah diserahkan secara simbolis oleh Direksi, diwakili Kaur PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) Bagian Umum PTPN V, SM Tanjung di Balai Karyawan Kebun Sei Rokan, Desa Pagarantapah, Kecamatan Pagarantapah Darussalam, Rohul, Selasa (20/10).
Dalam sambutan tertulis Direksi dibacakan SM Tanjung, disebutkan penyaluran pinjaman dana kemitraan kepada UKM di Rohul adalah penyaluran kelima setelah sebelumnya di Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Indragri Hulu, dan Kota Pekanbaru.
Diterangkan bahwa program ini sesuai Peraturan Menteri BUMN No.09/MBU/07/2015 per 3 Juli 2015, bersumber dari penyisihan laba bersih setelah pajak. “PTPN V menerima 82 proposal dari UKM yang membutuhkan pinjaman modal usaha dengan total pinjaman Rp 4,487 Miliar. Dari survei dan kelengkapan administrasi, yang layak mendapatkan dana pinjaman hanya 28 UKM dengan total dana Rp 535 juta,”sebut SM Tanjung.
28 UKM ini terdiri untuk modal perdagangan 25 UKM total Rp 480 Juta, usaha jasa 2 UKM total Rp 40 Juta, dan usaha peternakan 1 UKM total Rp 15 juta,” tambahnya.
SM Tanjung mengharapkan penerima pinjaman modal benar-benar memanfaatkan dana untuk keperluan pengembangan usaha, bukan untuk hal lain. Dan UKM juga diminta mengembalikan cicilan tepat waktu, sesuai perjanjian yang telah disepakati.
Masih di tempat sama, Kepala Diskoperindag Rohul H. Tengku Rafli Armien melalui Sekretarisnya H. T. Herman Lopi mengapresiasi PTPN V, karena telah berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Rohul. Menurutnya, PTPN V baru satu-satunya yang telah melakukan program tersebut.
Maka Herman mengharapkan perusahaan lain ikut berperan dalam sejahterakan masyarakat sekitar perusahaan. Kepada para penerima pinjaman, ia mengingatkan agar menggunakan dana betul-betul untuk meningkatkan usaha, bukan untuk hal-hal bersifat komsumtif.
Pada kesempatan itu hadir General Manager SBU (Strategic Bussines Unit), para Manager Kebun dan PKS, staf se-SBU Sei Rokan PTPN V, dan para penerima pinjaman dana kemitraan, serta undangan lainnya. ds

Tinggalkan Balasan