Pertamina Gandeng Pelindo II dan ASDP

oleh -220 views
Ilustrasi
JAKARTA, HR – PT Pertamina menjalin kerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dan PT ASDP Indonesia Ferry untuk mengembangkan dan memanfaakan bahan bakar minyak (BBM) bagi transportasi laut.
Penandatanganan kerjasama ini dilakukan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto, Dirut Pelindo II RJ Lino dan Dirut ASDP Ferry Indonesia Danang S Baskoro. Hadir pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.
Rini meyakini, kerjasama itu bisa meningkatkan ruang bagi Pertamina untuk memperbesar kapasitas penyimpanan BBM. Sinergi itu juga sejalan dengan program pemerintah untuk mendukung tol laut dan meningkatkan kesejahteraan energi nasional.
“Kerjasama ini bisa mempercepat meningkatnya stok (BBM) dengan memanfaatkan sinergi BUMN,” ujar Rini di kantor Pertamina, Jakarta, Kamis (28/5).
Kerjasama dengan Pelindo II mencakup investasi pembangunan, pengembangan dan pengoperasian terminal BBM sekaligus penyediaan produk BBM kepada kapal-kapal laut.
Khususnya, akan singgah di Pelabuhan New Priok milik Pelindo II. Terminal yang akan dibangun pada tahap awal direncanakan berkapasitas 500 ribu kiloliter (KL).
Sementara, kerjasama Pertamina dengan ASDP ialah untuk menyediakan produk BBM dan pelumas untuk kapal Ferry yang beroperasi di seluruh wilayah operasional ASDP di Indonesia.
“Makanya ini perlu kami sinergikan. Kami berharap Pertamina bisa memberikan layanan yang lebih prima lagi kepada para konsumen BBM, khususnya di industri jasa transportasi laut,” harap Rini. ■ krisman/velly

Tinggalkan Balasan