Koperasi Pedagang Ikan Muara Angke Terbentuk

oleh -483 views
Ajijah
JAKARTA, HR – Pedagang Ikan Pasar Muara Angke, Jakarta Utara, kini memiliki wadah koperasi. Namanya Koperasi Sejahtera Makmur Bersama (KSMB). Hadirnya wadah koperasi di tengah-tengah kehidupan para Pedagang Ikan Muara Angke memberi harapan segar sekaligus batu loncatan untuk memperbaiki kehidupan ekonomi para pedagang.
Terbentuknya KSMB di Muara Angke tak lepas adanya dukungan penuh Asosiasi Pedagang Ikan Muara Angke (APIMA) yang diketuai oleh H. Dede.
APIMA yang berjumlah sekitar 2.500 anggota diharapkan membantu mempercepat terbentuknya wadah perkoperasian di kalangan para pedagang pasar ikan di Muara Angke.
KSMD yang diketuai Hj. Ajijah menargetkan, semua anggota yang tergabung dalam paguyuban APIMA ikut bergabung dalam wadah KSMB. “Kami bentuk koperasi ini bertujuan membantu pera pedagang,” ujar Ajijah kepada Harapan Rakyat.
Karena cita-citanya mulia, Ajijah berharap para pedagang ikan di Muara Angke ikut bergabung sebagai anggota. “Kita akan memberikan bantuan jasa secara penuh kepada para pedagang ikan supaya segalanya bisa berjalan lancar,” jelas Ajijah.
Sebagai langkah awal setelah dikukuhkan, ia menyatakan akan memperkenalkan wadah koperasi bentukannya itu kepada para pedagang ikan. “Dari situ kami selanjutnya melakukan program kerja sesuai dengan kebutuhan yang tentunya sesuai dengan kebutuhan para anggota,” ujarnya.
Wanita berdarah Maluku ini mengaku prihatin dengan kehidupan para pedagang ikan di Muara Angke.
Sebelum ada koperasi, ia melihat para pedagang ikan sering dijadikan “sapi perah” sejumlah oknum yang mengambil kesempatan, misalnya para rentenir dan para tukang palak.
“Saya sendiri sebenarnya baru disini. Melihat dari keprihatinan itu nurani saya jadi terusik. Dari situlah saya kemudian hal ini harus diakhiri, ya satu-satunya wadah adalah membentuk koperasi,” lontar Ajijah.
Membuka jalan dan membangun komitmen bersama terbentuknya KSMB di Muara Angke diakuinya tidak semudah membalik telapan tangan. Tapi, berkat tekad yang kuat dan satu tujuan mulia, yakni membangun kehidupan para pedagang ikan yang lebih baik, alhasil cita-cita itu akhirnya membuahkan hasil.
Ajijah mengaku tak akan mundur atas cita-cita mulianya itu. Kata dia, kuncinya cuma satu, “Bekerjalah yang baik, hasilnya kita serahkan pada Tuhan.”
Landasan keyakinannya yang kuat meneguhkan harapan KSMB ke depan tentunya memberikan andil yang besar bagi perubahan kehidupan pedagang ikan di Muara Angke yang lebih baik. ■ ferry/kornel

Tinggalkan Balasan