Perpusipda Ciamis Luncurkan Terobosan Rindu Membaca

oleh -258 views
CIAMIS, HR – Kebiasaan membaca harus diawali sejak dini supaya terbiasa dan memiliki kerinduan membaca sejak kecil. Itulah yang dikatakan Kepala Perpustakaan Daerah Ciamis, Tini Nurmasari didampingi Pustakawati, Hj Tuti Suryati kepada HR disela kegiatan Lomba Bercerita tingkat SD se-Kab. Ciamis, Senis (11/5) di Kantor Perpustakaan Umum dan Kearsipan Daerah (Perpusipda) Kabupaten Ciamis.
Tini Nurmasari berujar gagasannya didorong manfaat luar biasa dari membaca bisa menambah wawasan dan membuka cakrawala ilmu pengetahuan serta kreatifitas. ”Rindu membaca 15 menit yang diterapkan kepada anak SD dari kelas 4 kebawah ini agar tertanam gemar membaca yang awalnya seperti memaksa, lambat laun anak akan senang,menjadi kebiasaan, hingga membaca menjadi kebutuhan,” kata Kepala Perpusipda.
Ia menambahkan, saat ini di Ciamis baru diterapkan di 2 sekolah sebagai pilot project, yaitu SDN 2 Ciamis yang belum memiliki ruang perpustakaan namun ditunjang mobil perpustakaan keliling dan kunjungan langsung ke pepusipda, dan SDN 3 Kertasari yang sudah memiliki perpus sendiri.
Di tempat yang sama, Asda III, Yeyet Terisnawati merasa tergugah dengan gagasan Kepala Perpusipda Ciamis. “Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin sangat mengapresiasi hingga mengeluarkan SK Percontohan untuk sekolah yang dijadikan pilot peroject, 15 menit rindu membaca semoga nantinya dapat memotivasi siswa dan mendorong untuk gemar membaca,” kata Yeyet Trisnawati menambahkan.
Kegiatan tersebut dipandang dapat meningkatkan minat baca diharapkan akan mencapai hasil optimal dengan keterlibatan peran serta semua komponen terkait, digiatkan secara serentak, terpadu dan berkesinambungan.
Kepsek SDN 2 Gayam Ciamis, Suhyar mengatakan sangat mendukung agar siswanya bisa memiliki kebiasaan positif yang nantinya bisa gemar membaca.
Selain mendapatkan bahan bacaan dari mobil perpus keliling yang stand by di sekolah juga dimasukan ke kegiatan ekstra kulikuler mengunjungi langsung ke perpusipda. ”Anak-anak kalau mengunjungi perpusipda yang tempatnya tidak jauh dari sekolah mereka tidak jenuh ada gairah tersendiri, lain halnya bila tetap dilaksanakan di sekolah,” kata Suhyar seraya berharap agar kedepan di sekolahnya bisa tersedia fasilitas perpustakaan sendiri.
Kegiatan lomba bercerita (story telling) yang diadakan hari itu dalam rangka memperingati Hardiknas dan menyambut Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-373 diikuti perwakilan murid SD dari 25 kecamatan dengan absein tanpa ada alasan perwakilan Kecamatan Pamarican, mengambil tema kisah heroik insan berjasa asal Ciamis (tokoh legenda) memperebutkan piala bergengsi Bupati Ciamis. ■ deden/abraham/dm

Tinggalkan Balasan