Pemkot Sukabumi Resmi Gunakan Aplikasi Srikandi

oleh -143 views
oleh
Pemkot Sukabumi Resmi Gunakan Aplikasi Srikandi.

SUKABUMI, HR – Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, meresmikan penggunaan Aplikasi Srikandi atau sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi dilingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam acara yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda), pada hari Selasa, 30 Agustus 2022, di Gedung Juang.

Acara yang  bertajuk live launching penerapan Aplikasi Srikandi Versi 2 dilingkungan Pemerintah Kota Sukabumi serta terselenggara berkat kerja sama berbagai pihak diantaranya Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, dihadiri langsung oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, dan Kepala Dispusipda Jawa Barat, Hening Widyatmoko.

Wali Kota pada kesempatan tersebut mengatakan penggunaan aplikasi ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Kearsipan ke – 50 tahun lalu, bahwa pengelolaan arsip harus meninggalkan cara lama dan mulai menggunakan teknologi digital.

Sedangkan Kepala ANRI mengatakan bahwa sejauh ini aplikasi Srikandi telah digunakan oleh 75 instansi tingkat pusat dan daerah, dan pada tahun 2024 ditargetkan semua instansi Pemerintah telah menggunakan aplikasi yang dibangun oleh pihaknya bersama Kemenkominfo, Kemenpan RB, dan BSSN. Dijelaskannya bahwa arsio yang dibuat dalam aplikasi dengan sistem micro service sehingga memungkinkan diakses banyak user ini, akan disimpan di pusat data nasional, serta dijamin keamanannya oleh Badan Siber dan Sandi Negara. ida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *