Wujudkan Digitalisasi Daerah, Bupati Launching Digital Payment QRIS

oleh -193 views
oleh
Wujudkan Digitalisasi Daerah, Bupati Launching Digital Payment QRIS.

MAJALENGKA, HR – Wujudkan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah khususnya dalam pengelolaan Pasar,Kios ataupun Gerai, Pemkab Majalengka melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab.Majalengka selenggarakan Launching Digital Payment QRIS pada tranksaksi PAD maupun transaksi masyarakat sekaligus Launching Foodcourt Kusungka Taman Bagja Raharja, kegiatan tersebut dikemas dengan tema ” D’Satria FunFest”, bertempat di Taman Bagja Raharja, Selasa (30/08/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Ketua DPRD Majalengka, Unsur Forkopimda, Sekda, Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Kepala Regional III Bank BJB, Ketua TP-PKK Kab.Majalengka, Ketua Dhamarawanita Kab.Majalengka, Kepala Bank BJB Majalengka, para Kepala OPD, para Camat, Dirut RSUD, Dirut Perumda Majalengka, dan unsur tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab.Majalengka, Aeron Randi., A.P.,M.P., selaku ketua penyelenggara kegiatan menyampaikan, kegiatan Launching Digital Payment QRIS ini merupakan inisiasi dan kolaborasi dengan Bank Indonesia dan Bank BJB Majalengka yang bertujuan terciptanya layanan transaksi pembayaran yang cepat, mudah, murah serta mencegah potensi penyelewengan PAD pada saat pemungutan dan melakukan percepatan Digitalisasi Daerah dalam tata kelola management  pasar,gerai ataupun kios. Adapun rangkaian kegiatan D’Satria Fun Fest antara lain, Launching Digital Payment QRIS, Launching Gerai Kusungka Taman Bagja Raharja, Launching Inovasik Disperindag dalam tata kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

“Layanan QRIS kali ini dapat dipergunakan pada pengelolaan pasar Pemda,Kios/Gerai dan bangunan milik Pemda, Pelayanan Parkir, Infaq Mesjid Khoerull Ummah, Foodcourt Kusungka dan berbagai pelayanan lainnya di areal Taman Bagja Raharja,” ucap Aeron.

Aeron menambahkan, D’Satria Fun Fest tersebut didalamnya terdapat penjabaran kegiatan, yakni Satriasik Fest merupakan Festival Band dengan lagu wajib “Cinta Produkku”, atau “Metrologius” kedua lagu tersebut merupakan lagu ciptaan dari Satriakustik dimana personelnya merupakan para pegawai Disperindag yang mempunyai bakat dalam bermusik yang menjadikan musik sebagai sebuah inovasi dalam berkarya dan juga sebagai sebuah pesan pembangunan untuk masyarakat di Kab. Majalengka, kegiatan festival band tersebut diikuti oleh Band pelajar dan umum.

Kemudian Satria Art Fest yang merupakan lomba mewarnai tingkat anak-anak TK dengan mengusung tema berkaitan dengan QRIS dan diikuti oleh 150 anak TK se-Kecamatan Majalengka dan Cigasong, disamping itu adapun kegiatan lainnya yaitu Satria X Fest dimana kegiatan ini merupakan Pameran Gelar produk kerajinan unggulan Majalengka diantaranya kain batik Miranti dan kerajinan produk dari perupa Seniman Majalengka (Peka) serta produk-produk unggulan khas Majalengka lainnya, dan yang terakhir yaitu Satria Job Fest, merupakan informasi lowongan kerja dari perusahaan yang ada di Kab. Majalengka terdapat setidaknya 6 perusahaan yang membuka lowongan kerja bagi masyarakat Kab. Majalengka yang membutuhkan pekerjaan.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ataupun inovasi dari Disperindag Kab.Majalengka yang dikemas dalam sebuah kegiatan bertajuk “D’Satria FunFest”. Kegiatan launching kali ini berkaitan dengan program digitalisasi yang strategis dan dipandang sangat penting, tentu inovasi-inovasi yang digagas sangat dibutuhkan oleh rakyat apalagi dijaman saat ini yang sudah berkembang pesat serba digital, namun disamping itu harus juga dibarengi dengan sosialisasi dan edukasi bagaimana program tersebut berjalan karena tanpa  sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sehebat apapun  programnya akan tidak maksimal pencapaiannya.

“Untuk itu kepada Kepala Disperindag untuk terus jalin komunikasi dan kolaborasi dengan Bank Indonesia dan juga Bank BJB Majalengka serta Bank lainnya dalam rangka mensukseskan implementasi program strategis digitalisasi pengguna QRIS agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat di Kab.Majalengka,” tutup Bupati. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *