Pemkab Sergai Gelar Pelatihan SAR Vertical Rescue

oleh -305 views
SIMALUNGUN, HR – Guna terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, tanggap, tangkas, tangguh dan sigap dalam kondisi darurat dalam penanggulangan bencana, maka Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan kegiatan Pelatihan SAR Vertical Rescue bagi TRC dan relawan dalam penanggulangan bencana. Kegiatan ini dilaksanakan di Asrama Hutan Diklat Pondok Bulu Kecamatan Dolok Pangaribuan, Kabupaten Simalungun, Senin (30/3).
Hadir pada acara tersebut Sekdakab Sergai Haris Fadillah, Asisten Ekbangsos Hadi Winarno, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nina Deliana, Kepala Kesbangpolinmas Purba Siregar, Kabag Humas Indah Dwi Kumala dan para peserta pelatihan.
Bupati Sergai Soekirman dalam sambutan dibacakan Sekdakab Haris Fadillah mengatakan, bahwa kabupaten Sergai secara geografis memiliki wilayah yang cukup luas dan rawan dari berbagai bencana alam khususnya bencana banjir dan angin puting beliung. Ada tiga pilar utama dalam penanggulangan bencana yaitu pertama, pemerintah yakni pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Sergai, kedua, masyarakat yaitu orang perseorangan, kelompok orang dan organisasi berbadan hukum. Ketiga dunia usaha yakni lembaga dan atau badan hukum yang bergerak dibidang perdagangan dan bisnis.
Mengakhiri sambutan, Soekirman berharap dengan adanya kegiatan ini para anggota TRC dan Relawan penanggulangan bencana benar-benar mengikuti pelatihan dan semua petunjuk instruktur sehingga dapat menyerap seluruh materi yang diberikan, sehingga tujuan dan manfaat dari pelatihan ini dapat dipergunakan oleh TRC dan Relawan penanggulangan bencana diseluruh wilayah Republik Indonesia.
Sebelumnya, ketua panitia penyelenggara Nina Deliana dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan peserta dalam menghadapi ancaman bencana.
Acara berlangsung dari tanggal 30 s/d 31 Maret 2015 diisi dengan diskusi, tanya jawab dan simulasi/praktek tentang penanggulangan bencana serta diikuti oleh 100 anggota TRC dan Relawan penanggulangan bencana. ■ p silaban

Tinggalkan Balasan