Pemkab-FKPD Sergai Jalin Kerjasama

oleh -249 views
SEI RAMPAH, HR – Menyikapi sekaligus merespon terkait berbagai masalah maupun isu strategis yang berkembang di masyarakat dalam menjelang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten/kota pada Desember mendatang, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) menggelar rapat rutin bersama dipimpin oleh Bupati Sergai Soekirman didampingi Wabup Syahrianto di aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (30/3).
Pembahasan bersama ini turut melibatkan Sekdakab Haris Fadillah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, jajaran Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Muspika Kecamatan, KPU, FKUB, MUI, serta BNK Sergai.
Menyikapi hal tersebut seluruh jajaran FKPD Sergai sepakat berkoordinasi dengan instansi terkait secara intens tentang kesiapan pengamanan Pilkada. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengadakan sinergitas antar stakeholder dan penyelenggara pilkada untuk mensosialisasikan potensi gangguan keamanan Pilkada. Dalam sistem pengamanan Pilkada nantinya akan mengikuti tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada yang dikeluarkan KPU.
Sedangkan dalam pembahasan kedua menjabarkan tentang pembangunan ekonomi dan sosial yang dilakukan melalui MoU (kesepakatan bersama) antara Bupati Sergai dengan Dandim 0204/DS tentang kerjasama di bidang ketahanan pangan dalam peningkatan produksi dan daya saing.
Dalam pembahasan selanjutnya, menjabarkan tentang masalah Kehutanan yang menyangkut SK Menteri Kehutanan Nomor 579 tahun 2014 tentang perubahan SK Menteri No 44 Tahun 2005 dimana jumlah kawasan hutan yang ada di Kabupaten Sergai sebesar 9685 ± HA. Akan tetapi belum dilaksanakannya rekonstruksi Tapal Batas Hutan Negara yang sudah tidak jelas serta adanya tumpang tindih status tanah dan kawasan hutan.
Berkaitan dengan permasalahn diatas, terdapat ketidakjelasan serta adanya tumpang tindih dalam status tanah dan kawasan hutan Tapal Batas Hutan Negara. Disamping itu juga terjadi tumpang tindih antara status tanah dan kawasan hutan pihak Pemkab Sergai. Bupati Sergai melalui Kadis Kehutanan dan pihak terkait agar segera melakukan rekonstruksi kawasan Hutan sesuai dengan SK Menhut yang baru.
Terkait berbagai masalah yang ada di kabupaten Sergai terutama bidang ekonomi dan pembangunan Bupati Soekirman menghimbau kepada jajaran SKPD agar mendukung dan melaksanakan program yang sedang dicanangkan oleh pemerintah seperti IMEP (infrastruktur, maritim, energi dan pangan) secara sungguh-sungguh. Hal ini dilakukan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini. ■ p silaban

Tinggalkan Balasan