Pembangunan Jabar Harus Berskala Prioritas

oleh -216 views
Waras Wasisto, SH 
BANDUNG, HR – Ketika tingkat kondisi infrastruktur jalan provinsi yang rata-rata sudah diatas 95-97 persen, maka masalah pembangunan Infrastruktur Pemprov Jabar harus sudah mulai ekspansi ke kabupaten kota karena logikanya wilayah Jawa Barat itu adanya di kabupaten kota. Tetapi dalam proses ekpansi pembangunan tersebut Pemprov Jabar harus bicara skala prioritas, keseimbangan dan berkeadilan. Demikian dikatakan Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat Waras Wasisto, SH di DPRD Jawa Barat, Jumat (14/8).
Dikatakan, saya pikir pemprov harus sudah memikirkan infrastruktur di kabupaten kota karena tingkat kondisi di provinsi yang sudah baik antara 95 persen sampai 97 persen. Pemerintah Jawa Barat harus sudah mulai ekspansi bicara infrastruktur ini ke kabupaten kota, karena adanya wilayah Jawa Barat itu di kabupaten kota.
Karenanya, anggota Komisi IV berharap pihak provinsi harus tahu betul 27 kabupaten kota, prioritas infrastrukturnya apa saja, kemudian harus ada skala prioritas, kedua harus ada kebijakan keseimbangan.
Bukan karena lobi dan kedekatan bupati dengan gubernur, tapi karena skala prioritas. Skala prioritas bisa berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah efek domino ekonomi harus diperhitungkan semua. “Kenapa harus ada prioritas, prioritas ini aspeknya harus dibuka.
Misalnya, kenapa harus di Jalan lingkar Sukabumi, karena kalau ini dibuka akan menghidupi sekian banyak orang sebagai efek domino ekonominya, “Itu yang dimasud skala prioritas bukan karena dekat ditambah lagi, karena pintar lobi,” tuturnya.
Dikatakan, bicara infrastruktur harus ada standardisasi minimal, misalnya semua kabupaten kota Rp200 M average dulu semua sama, itu yang saya maksud keseimbangan dan keadilan, baru lebihnya itu prioritas. Wajar dong misalnya, Tasik dapat lebih 50 M, dari yang rata-rata tadi karena prioritasnya ini yang akan menghidupi banyak pihak sebagai efek domino ekonominya.
Bukan karena lobi dan kedekatan dengan gubernur tapi karena skala prioritas. Skala prioritas yang bisa berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, efek domino ekonomi dan hal lain yang harus diperhitungkan semua. Pungkas Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini. ■ horas

Tinggalkan Balasan