Pansus akan Bongkar Seluruh Kebusukan di Pelindo II

oleh -189 views
JAKARTA, HR – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu berjanji menjadikan panitia khusus (Pansus) Pelindo II untuk membongkar berbagai kebusukan di BUMN pengelola pelabuhan itu. Menurutnya, pansus bentukan DPR itu pasti mampu menelusuri berbagai kejanggalan di tubuh BUMN pimpinan RJ Lino tersebut.
“Jadi, segala bentuk penyimpangan, aturan, pelanggaran hukum, akan terungkap di pansus,” ujarnya di Bareskrim Kamis (8/10), guna melengkapi laporannya tentang dugaan pencemaran nama baik oleh pengacara PT Pelindo II, Frederich Yunadi.
Lebih lanjut, Masinton mengatakan, pansus siap untuk melakukan pemanggilan terhadap pihak-pihak yang terlibat dengan tata kelola Pelindo II. “Termasuk menteri-menterinya, Menteri BUMN (Rini Soemarno) juga,” sambungnya.
Ia menambahkan, pemanggilan menteri juga berkaitan dengan keputusan Pelindo II memperpanjang konsesi pengelolaan terminal peti kemas di Tanjung Priok ke perusahaan asal Hong Kong, Hutchison Port Holding. Selain itu, ada pula persoalan waktu sandar kapal untuk bongkar muat peti kemas (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok yang dianggap lama.
“Kemudian berkaitan dengan ketenagakerjaan, pemecatan sepihak dan kewenangan-wenangan terhadap pekerja, terus soal dwelling time dan lain-lain, termasuk penegakan hukum,” ucapnya.
Masinton menambahkan, Pansus Pelindo II nantinya akan menyusun rekomendasi. “Rekomendasi ini akan diteruskan ke Presiden sebagai kepala pemerintahan dan penegakan hukum,” terangnya.
Bagaimana jika ternyata nanti presiden mengabaikan rekomendasi Pansus Pelindo II? “Ya gila aja lah kalau rekomendasi politik dari institusi negara tidak dilaksanakan. Anarki dong seperti tanpa negara,” cibirnya. ■ krisman/velly

Tinggalkan Balasan