Pansus Pelindo II akan Panggil Menteri BUMN

oleh -197 views
Masinton Pasaribu
JAKARTA, HR – Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mengatakan panitia khusus kasus dugaan korupsi Pelindo II akan memanggil Menteri BUMN Rini Soemarno. Selain Rini, Pansus juga akan memanggil semua menteri dan pihak yang terlibat dalam tata kelola PT Pelindo II.
“Nanti yang dibahas mengenai perpanjangan kontrak anak perusahaan Pelindo II yang dipaksakan ke perusahaan Hong Kong, kemudian soal ketenagakerjaan, pemecatan sepihak dan sewenang-wenang terhadap pekerja, serta soal dwelling time,” papar Masinton di Jakarta, Kamis (8/10/2015).
Dengan memanggil semua yang terlibat dengan tata kelola Pelindo II, Masinton menjamin segala bentuk penyimpangan, aturan, hingga pelanggaran hukum akan terungkap semua.
Namun, Masinton menyatakan belum ada jadwal pemanggilan untuk siapa pun lantaran Pansus harus membuat agenda pemeriksaan. Untuk itu, Pansus dalam waktu dekat ini akan menggelar rapat pleno.
Masinton menegaskan, Pansus nantinya akan melahirkan rekomendasi terkait tata kelola BUMN yang baik dan benar serta dugaan korupsi. Rekomendasi tersebut nantinya akan disampaikan ke presiden sebagai kepala pemerintahan dan diteruskan juga ke penegak hukum.
Pansus Pelindo II sempat dikaitkan dengan keinginan Komisi III menyelidiki pencopotan Komjen Budi Waseso sebagai Kepala Bareskrim. Sebab, Buwas dicopot, bersamaan dengan langkah Bareskrim menylidiki dugaan korupsi pengadaan mobile crane di PT Pelindo II.
Namun, fokus pansus berubah setelah banyak aduan yang meluncur terkait kinerja PT Pelindo II. Santer kabar, pansus tengah mengambil langkah buat menyelidiki dugaan penyimpangan perusahaan pengelola pelabuhan pelat merah. ■ krisman/velly

Tinggalkan Balasan