Media Massa Berandil Menilai Program Pemerintah

oleh -203 views
LAMSEL, HR – Peran media sangat penting sebagai kontrol sosial, dalam memantau berbagai program Pemerintah Daerah. Baik itu, terhadap keberhasilan pembangunan yang akan dilaksanakan mapun sedang dilakukan bagi masyarakat.
“Baik atau buruknya program yang dilakukan, hal itu tidak terlepas dari peran para media disuatu daerah dalam memberikan informasi kepada publik. Untuk itu, sudah semestinya pemerintah daerah dalam memberikan program dilakukan secara transfaran dan keterbukaan,” kata Toto Wijaksono selaku Tim penilaian Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2015 dari Kemeterian Perhubungan (Kemenhub) RI, saat memberikan pemaparan usai melakukan penilaian fasilitas penunjang sistem transfortasi perkotaan di Kabupaten Lampung Selatan di Aula Krakatau Perkantoran Bupati setempat, Kamis (20/5).
Toto Wijaksono mengatakan, inti dari WTN ini memberikan penghargaan kepada pemerintah dan masyarakat dalam rangka peningkatan sistem transportasi perkotaan.
“Meski letaknya di kabupaten, pengertiannya dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan, kenyamanan, dan keselamatan transfortasi,” ungkapnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, pemberian WTN ini ada dua manfaat yang langsung diinstruksikan oleh Menteri Perhubungan RI Ignasius Johan yakni keselamatan dan pelayanan transfortasi. Bukan mengenai, kalah atau menangnya tetapi bagaimana pemerintah daerah dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui transportasi terus meningkat dan bukan dilayani oleh masyarakat.
“Dua hal yang disampaikan oleh Pak Menteri pada WTN ini, yakni untuk keselamatan dan pelayanan bagi masyarakat, melalui transportasi aman dan nyaman,” katanya.
Dijelaskan, kategori penilaian lomba WTN tingkat nasional ini ada tiga kategori diantaranya, peniliaian administrasi, potensi, dan akademisi. Sedangkan, kriteria penilaian, diihat kondisi angkutan, penggunaan trotoar apakah sesuai dengan fungsi pejalan kaki maupun tidak dipakai untuk berjualan oleh pedagang kaki lima (K5).
Dalam pemaparan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Lamsel H. Rycko Menoza SZP, Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Erlan Murdiantono, Kasat Pol-PP Kabupaten Lamsel Suharyadi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamsel Sukur Kersana bersama sejumlah jajaran Dishub kabupaten setempat. Dan 5 orang tim penilaian WTN diketuai oleh Toto Wijaksono. ■ santi

Tinggalkan Balasan