DKP Bengkulu Gelar Lomba Masak Serba Ikan

oleh -191 views
Saat meninjau peserta lomba
BENGKULU, HR – Salah satu upaya mensukseskan program peningkatan ketahanan pangan dan meningkatkan taraf gizi masyarakat di Provinsi Bengkulu Selatan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi Bengkulu bekerja sama dengan PKK sebagai penggerak mengadakan lomba olahan dengan bahan dasar ikan, bertempat di Sport Center Dinas Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan lomba masak serba ikan, belum lama ini.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Ir Rinaldi mengutarakan, bahwa ikan merupakan sumber gizi yang paling tinggi, Provinsi Bengkulu sendiri termasuk daerah yang memiliki potensi perikanan yang sangat potensial dengan sentra olahan ikan kering, kerupuk ikan dan pempek ikan. Di daerah pantai Malabero Bengkulu juga memiliki olahan makanan yang bermacam macam dengan bahan dasar ikan, salah satunya yang terkenal adalah pepes ikannya. “Tujuan kita mengadakan lomba memasak serba ikan guna meningkatkan antusias masyarakat dalam mengolah ikan guna memenuhi kebutuhan gizi.,” terangnya.
Lomba masakan berbahan dasar ikan ini yang penilaiannya dari juri pusat (Jakarta, red) diikuti oleh perwakilan 9 kabupaten dan kota, serta perhotelan di yang ada di Kota Bengkulu. Dalam lomba ini peserta mengkreasikan ikan menjadi berbagai macam olahan, yang nantinya akan menjadi perwakilan di tingkat Nasional mewakili Propinsi Bengkulu. Penilaian lomba ini dilakukan juri dari pusat. “Gerakan makan ikan ini sudah di sosialisasikan dengan anak sekolah agar bisa memiliki pengetahuan tentang manfaat mengkonsumsi ikan, mengingat begitu pentingnya nilai dan gizi dari ikan itu sendiri,” ucap Rinaldi.
Sedangkan Ibu Gubernur Hj. Honiarti Hamsyah Ketua PKK Propinsi Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan keinginan dan semangat yang sangat kuat untuk meningkatkan prestasi di tingkat Nasional, dimana tahun sebelumnya menduduki peringkat 3 tingkat Nasional. “Untuk tahun ini menargetkan mendapatkan juara satu,” tandasnya. Ia juga mengajak untuk memanfaatkan pekarangan untuk digunakan tanaman sayur mayur dan tanaman bumbu masak sebagai penunjang ekonomi rumah tangga.
Agenda acara dilanjutkan dengan mencicipi hidangan hasil kreasi ibu ibu PKK dari perwakilan kabupaten. Kemudian yang terakhir pelepasan tukik Penyu di Pantai Panjang.
Hadir pada acara tersebut Asisten II sebagai perwakilan Gubernur Bengkulu, dan berbagai perwakilan dari dinas di lingkungan Provinsi Bengkulu. Turut hadir pula ibu Lisa dari Dirjen Pengelolaan Hasil Laut salah satu tim juri.
Lomba tahun ini dimenangkan perwakilan dari Kabupaten Kaur yang akan mewakili Bengkulu ke tingkat Nasional pada tahun 2016 mendatang. ■ jlg

Tinggalkan Balasan