Diversifikasi Pangan Lokal Guna Menekan Konsumsi Beras

MUARA TEWEH, HR – Untuk terciptanya  ketahanan pangan lokal beragam aman dan seimbang, pemerintah Kabupaten Barito Utara ikuti Kegiatan pelaksanaan Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal Tahun 2020 melalui video conference bersama Menteri Pertanian Republik Indonesia bersama Gubernur dan Bupati se-Indonesia melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting yang bertempat dirujab Muara Teweh.

Kegiatan pelaksanaan Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal di Pemkab Barut pimpin langsung Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah di dampingi Sekretaris Daerah, Ir. H. Jainal Abidin, M.AP dan Plt. Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Ir. Sugeng, MP dan undangan lainnya,Rabu (19/08/2020).

Dalam sambutan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang di bacakan Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah Endang Kusriatun bahwasannya tujuan diselenggarakannya gerakan diversifikasi pangan lokal untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam seimbang dan aman, dengan memanfaatkan olahan pangan lokal karbohidrat non beras, serta mendorong cinta olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

Diversifikasi pangan merupakan upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja.

Diversifikasi konsumsi pangan diartikan sebagai pengurangan konsumsi beras yang dikompensasi oleh penambahan konsumsi bahan pangan non beras.

Loading...

Melalui gerakan diversifikasi diharapkan pangan lokal memiliki daya saing dan tidak hanya sebatas pangan untuk dikonsumsi saja tetapi ada nilai lebih di dalamnya. Langkah strategis diversifikasi pangan mencakup aspek produksi, pascapanen, stok dan pengolahan, hingga pemasaran dan pemanfaatan. mps

Tinggalkan Balasan