Diskominfo Gelar Festival Kelompok Informasi Masyarakat

oleh -308 views
MAJALENGKA, HR – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka menggelar festival kelompok informasi masyarakat (KIM) ke-3 kalinya, yang dihadiri langsung Wakil Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd dan Kasubdit Industri dan Layanan Informasi Kementerian Kominfo RI Sumarno, yang diikuti oleh 25 peserta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di halaman Kantor Kecamatan Jatitujuh, Selasa (28/11).
Wakil Bupati Majalengka menyampaikan bahwa pegelaran festival KIM merupakan akses sharing yang dapat memberikan informasi yang positif dan mampu menangkal berita hoax dari barometer jendela pengetahuan tentang informasi yang benar.
Ditambahkannya, festival KIM mampu berkontribusi dengan pemerintah daerah dalam menerima saran dan kritik membangun. Selain itu, melalui KIM, alangkah baiknya publik mengetahui bahwa Kabupaten Majalengka menyimpan segudang potensi.
Selanjutnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka Drs Maman Sutiman, menyampaikan bahwa KIM tumbuh subur, tidak kurang dari 40 KIM dan komunitas penggiat informasi yang eksis di Kabupaten Majalengka. Dinasnya sendiri telah berupaya melaksanakan pembinaan dan kemitraan dengan kelompok informasi masyarakat serta komunitas penggiat informasi dalam bentuk pendampingan, bimtek, penguatan kelembagaan dan kerjasama dalam upaya penyebarluasan informasi serta pengembangan jaringan informasi. Kiprah KIM di Kabupaten Majalengka telah memberikan kontribusi positif sekaligus menginspirasi pemuda-pemudi Majalengka lainnya bahwa pemberdayaan informasi mampu memberikan nilai tambah peningkatan kesejahteraan masyarakat Majalengka.
Lanjutnya, tujuan dilaksanakannya kegiatan festival KIM adalah sebagai ruang ekpose hasil inovasi dan kreativitas kelompok informasi masyarakat. Kedua, merupakan media transformasi informasi dan literasi untuk menunjang kegiatan citizen jurnalism (jurnalisme warga), dengan mengusung tema semua ada di Majalengka.
Sementara itu, dikatakan Kasubdit Industri dan Layanan Informasi Kementerian Kominfo RI, Sumarno, sangat mendukung festival KIM ini, karena mendukung program kementerian literasi digital menggunakan teknologi untuk mengakses informasi. Selain itu untuk menangkal berita hoax, kemudian informasi program pemerintah bisa tersampaikan.
“Terima kasih Kabupaten Majalengka telah melakukan inovasi menuju kota cerdas atau smarcity,” katanya. lintong situmorang


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan