Dinas Pertanian Sukabumi Tingkatkan Kualitas SDM

oleh -240 views
Ate Rahmat
SUKABUMI, HR – Ate Rahmat Sekretaris Dinas Pertanian Kota Sukabumi tidak seperti didaerah lain, Dinas Pertanian Kota Sukabumi didalamnya terdapat beberapa bidang, dimana bidang tersebut didaerah lain sudah menjadi dinas, seperti Bidang Peternakan, Perikanan, Penyuluhan dan Perkebunan. Tetapi semua itu tidaklah menjadikan kendala, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
Ate Rahmat, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Sukabumi saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, membenarkan kondisi seperti diatas, karena dilihat dari luas wilayah Kota Sukabumi yang hanya terbagi dalam 7 kecamatan, kalau dibandingkan dengan Kabupaten Sukabumi dengan 47 kecamatannya, sangatlah jauh berbeda.
“Tetapi kami menciptakan suasana kekeluargaan dengan para petani, dan mereka pun tidak sungkan untuk datang ke kantor. Para petani banyak yang datang ke kantor, dan mereka bersikap seperti ke rumahnya sendiri,” paparnya.
Terkait banyaknya lahan pertanian yang beralih fungsi di Kota Sukabumi, Dinas Pertanian Kota Sukabumi pada prinsipnya harus hijrah dari paradigma lahan perkotaan ke lahan pertanian yakni melalui agri bisnis, sesuai visi dinas yaitu terwujudnya agribisnis berkelanjutan dan ketahanan pangan berbasis sumber daya lokal.
Diharapkan, petani Kota Sukabumi harus lebih maju dalam hal tata niaga usaha seperti telur yang diolah menjadi telur asin, dan ikan yang diolah menjadi beberapa penganan juga beberapa sayuran yang dapat diolah menjadi keripik dan rempeyek.
Karena misi dari Dinas Pertanian Kota Sukabumi adalah meningkatkan kualitas pembinaan Sumber Daya Manusia bidang agribisnis, mengembangkan agribisnis yang efisien, tangguh, berdaya saing, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, meningkatkan ketahanan daerah serta meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan pada bidang agribisnis Kota Sukabumi terutama dalam sarana dan prasarana untuk mengolah bahan makanan menjadi penganan. ■ ida

Tinggalkan Balasan