Danrem 121/Abw Bertindak Sebagai Irup Dan Melepas Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Dalam Rangka Peringatan Hari Juang Infanteri Tni AD Tahun 2023

oleh -266 views
oleh
Danrem 121/Abw Bertindak Sebagai Irup Dan Melepas Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Dalam Rangka Peringatan Hari Juang Infanteri Tni AD Tahun 2023.

LANDAK, HRBertempat di Makodim 1210/Landak, Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., melepas Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) Etape pertama, Minggu (17/12/2023).

Sebelum dilaksanakannya pelepasan Tonting etape pertama ini, dilaksanakan prosesi penyerahan Simbol Infanteri oleh Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., yang bertindak selaku Irup kepada Tim Tonting.

Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) ini, merupakan tradisi yang dilaksanakan guna untuk penanaman nilai kejuangan Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman dalam memperjuangkan kemerdekaan kepada prajurit korps Infanteri maupun TNI AD.

Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., mengatakan, kegiatan tersebut berawal dari perjuangan heroik TNI melawan tentara Belanda di Ambarawa atau pertempuran Ambarawa “Palagan Ambarawa” 78 tahun silam yang kemudian peristiwa tersebut kita abadikan menjadi Hari Juang TNI AD.

“Kegiatan ini, bukan hanya dilaksanakan korps Infanteri saja, namun semua korps yang ada jajaran TNI AD. Hal ini, karena Tonting menggambarkan  salah satu kemampuan dasar dan daya tahan korps Infanteri dalam bertempur dan tidak hanya diikuti prajurit Satpur/Banpur Infanteri namun diikuti pula oleh prajurit dan satuan-satuan jajaran TNI AD,” kata Danrem.

“Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya tidak hanya untuk mengenang perjuangan Panglima Besar Soedirman, namun lebih dari itu, untuk menanamkan nilai kejuangan segenap prajurit TNI AD sehingga dapat menumbuhkan semangat juang dan motivasi dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara,” terang Danrem.

Diketahui, Peleton Beranting YWPJ Tahun ini akan dilaksanakan selama 3 hari dan melibatkan para prajurit pilihan dari Satpur/Banpur Kodam XII/Tpr, menempuh 8 etape dari titik start Kodim 1210/Landak dan finish di Kecamatan Entikong, Sanggau dengan jarak kurang lebih 250 Km. Pada etape pertama ini dilaksanakan oleh Peleton Inti dari Yonif 644/Wls dan Peleton Pengantar dari Yonarmed 16/TK menempuh jarak 21 KM.

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., sebelum melepas Peleton Yudha Wastu Pramuka juga berpesan agar prajurit selalu menjaga kondisi kesehatan  dan mental dalam perjalanan serta periksalah selalu senjata serta alat perlengkapan di manapun dan kapanpun pada saat melaksanakan perjalanan.

“Pelihara kekompakan baik selama di perjalanan maupun saat beristirahat dan jagalah ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dengan tetap memperhatikan hak masyarakat umum atas Jalan Raya serta jagalah nama baik prajurit sebagai pelindung rakyat dimanapun  berada,” tutup Danrem.tim

Tinggalkan Balasan