Dana BOS Sekolah Swasta Belum Cair, Pejabat Disdik Diduga Lakukan Penyelewengan

oleh -382 views
Slogan yang terpampang di Disdik Kota Bandung
BANDUNG, HR – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk seluruh sekolah swasta se Kota Bandung hingga menjelang pertengahan tahun 2015 belum juga cair. Pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung diduga telah melakukan penyelewengan atau penyalahgunaan sehingga dana BOS tidak cair.
Bendahara dana BOS Bidang SMP Disdik Kota Bandung, Dani Nurohman yang bertugas dan bertanggung jawab menangani penyaluran dana BOS sekolah swasta se Kota Bandung saat dikonfirmasi di ruang kerjanya selasa (5/5) mengatakan bahwa dan BOS sampai saat ini belum cair. Dani Nurohman mengaku tidak mengetahui kenapa dana BOS belum juga dapat dicairkan. “Sampai saat ini dana BOS belum cair bang, saya tidak tahu kenapa,” kata Dani Nurohman.
Pengamatan HR, dari dulu sampai saat ini anggaran dana BOS terutama untuk sekolah swasta diduga menjadi ajang korupsi baik oleh oknum pejabat Disdik Kota Bandung maupun oleh Kepala Sekolah penerima dana BOS sehingga siswa tidak merasakan manfaatnya.
Seperti terjadi di SMP Yos Sudarso Kota Bandung, walau seorang siswa sudah mendapat dana BOS sebesar Rp. 1.410.000,- per tahun, tetapi siswa di sekolah tersebut masih tetap dipungut bayaran yang besar yaitu Rp. 250.000,- per bulan, dan masuk ke SMP Yos Sudarso harus membayar uang masuk Rp. 3.000.000,-.
Sebagaimana yang sudah pernah diberitakan HR bahwa pada awalnya pihak SMP Yos Sudarso menolak dana BOS dari Pemerintah. Tetapi setelah berulangkali dibujuk oleh pihak Disdik Kota Bandung dengan mendatangi sekolah sehingga pihak SMP Yos Sudarso mau menerima dana BOS.
Terkait tidak cairnya dana BOS untuk sekolah swasta, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Dr. Elih Sudiapermana tidak berhasil dikonfirmasi karena tidak ada di tempat.
Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdik Kota Bandung, Aziz (5/5) mengatakan bahwa Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas sedang memantau pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP. Aziz tidak mau berkomentar terkait dugaan korupsi dana BOS. Walau sarat dengan korupsi, pihak Kejaksaan dan Kepolisian belum mengambil tindakan terkait dugaan penyelewengan dana BOS swasta di Disdik Kota Bandung. ■ pem

Tinggalkan Balasan