Dana BOS Diduga Disalahgunakan, Kadisdik Tutup Mata

oleh -241 views
LABUSEL, HR – ‪Oknum kepala sekolah (Kepsek) dalam menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diberikan pemerintah untuk digunakan sarana dan prasarana sekolah kerap disalah gunakan.
Misalnya pengadaan komputer sering terabaikan, padahal nantinya ujian nasional (UN) yang berbasis komputer mulai diterapkan. Seperti di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 117876 Desa Aek Batu, kecamatan Torgamba, Labusel yang menurut sumber beberapa waktu bahwa penggunaan dana BOS tidak transparan. Terkesan tidak mengacu kepada juknis yang hanya dikelola oknum Kepsek dan bendahara.
Ketka dilakukan konfirmasi (19/3) mempertanyakan tentang penggunaan dana BOS, Kepsek Hj Nursania di ruang kerjanya menyebutkan, bahwa penggunaan dana BOS semua diperuntukan untuk kepentingan sekolah. Ditanyakan, berapa pembelian komputer dari dana BOS? “Saya tidak pernah beli komputer dari dana BOS,” jawabnya.
Ia menyebutkan bahwa dana BOS diperuntukkan untuk kepentingan sekolah ini dan transpot siswa miskin pulang dan pergi ke sekolah.
Kepada aparat penegak hukum perlu menelusuri penggunaan dana BOS di SDN 117876 Aek Batu. HR akan koordinasi dengan kejaksaan terkait adanya dugaan penyimpangan ini. ■ bs

Tinggalkan Balasan