Bupati Buka Gebyar Anugerah Pajak Daerah Tahun 2023

oleh -495 views
oleh
Bupati Buka Gebyar Anugerah Pajak Daerah Tahun 2023.

MAJALENGKA, HR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majalengka menggelar  Anugerah Pajak Daerah tahun 2023. Kegiatan yang semarak ini dilaksanakan di Hotel Fitra Majalengka, Sabtu (16/12/2023 ).

Bupati Majalengka Dr.H. Karna Sobahi, M. M.Pd secara resmi membuka kegiatan Gebyar Anugerah Pajak Daerah tahun 2023 yang di hadiri Sekda Majalengka, para kepala OPD, Camat, para kepala Desa dan Undangan.

Kepala Badan Pendapan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majalengka, Aeron Randi, AP, MP dalam laporanya mengatakan tujuan utama dari kegiatan anugerah pajak daerah ini adalah mendorong kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya.

“Melalui anugerah pajak daerah ini, Pemkab Majalengka berharap dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembangunan daerah, serta meningkatkan penerimaan pajak yang akan digunakan untuk berbagai program pembangunan,” ungkap Aeron Randi.

Lebih lanjut Aeron, menyampaikan apresiasi terhadap seluruh kepala desa di Kabupaten Majalengka yang telah bersinergi dan turut menggali pendapatan daerah dari sektor pajak di daerahnya masing-masing.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para kepala desa yang telah bekerja sama serta mendukung dan berupaya mengoptimalkan dalam pencapaian target pajak PBB,” tuturnya.

Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, Bapenda mulai tahun 2024 bakal meluncurkan inovasi pelayanan pajak baik PBB dan pajak lainya melalui aplikasi digital, sehingga masyarakat bisa langsung mengaksesnya.

Sementara Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M. M. Pd dalam sambutanya mengatakan bahwa pajak daerah saat ini telah mencapai target sebesar 83 , 67 %.

Perjalanan selama lima tahun memimpin Majalengka bersama wakil Bupati yang didera pandemi Covid -19, sehingga pembangunan tidak maksimal , karena anggaran terbanyak diperuntukan untuk penanganan Covid – 19.

“Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten Majalengka selama dua tahun sebesar Rp.1,3 triliun dipakai untuk kegiatan penanganan covid -19,” tutur Bupati.

Saat ini capaian pajak di Kabupaten Majalengka pada tahun 2023 sudah mencapai Rp.461 miliar atau 83,67 persen dari target sebesar Rp.551 miliar.

Bupati juga mengungkapkan bahwa dari pajak-pajak lain, sudah tercatat sekitar Rp.174 miliar, sehingga dari target capaian total telah mencapai 85,38 persen. Menurutnya, angka ini gambaran dari komitmen para wajib pajak dalam mendukung pembangunan daerah.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan bahwa sumber pendapatan pembangunan di Kabupaten Majalengka sangat bergantung pada pajak. Meskipun APBD Kabupaten Majalengka mencapai angka Rp.3,4 triliun setiap tahunnya, namun pendapatan dari APBD hanya sekitar Rp.470 miliar.

Diharapkan kegiatan Anugerah Pajak merupakan sebuah apresiasi kepada wajib pajak , baik PBB atau pajak lainya. Diharapkan dengan adanya kegiatan yang rutin tiap tahun ini bisa memberikan spirit untuk terus taat dalam membayar pajak.

Salah satu hal menarik dari Anugerah Pajak Daerah Kabupaten Majalengka 2023 adalah penghargaan yang diberikan kepada wajib dalam beberapa spesifikasi, di antaranya kategori pajak terbaik dan pelunasan tercepat.

Adapun beberapa wajib pajak yang mendapat apresiasi ini yaitu pelaku usaha restoran nasional, restoran lokal, hotel, notaris PPAT, tempat hiburan, parkir hingga lembaga pemerintah tingkat kecamatan dan desa.

Bapenda Majalengka menyiapkan hadiah berupa sepeda motor, sepeda listrik, televisi, lemari es dan lainnya bagi wajib pajak yang telah membayar pajak tepat waktu dan tidak ada tunggak.lintong

Tinggalkan Balasan