Bupati Apresiasi Pelajar Pelopor Keselamatan Teladan

Iing Syamarifin
CIAMIS, HR – Bupati Ciamis, Iing Syamarifin mengapresiasi Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Teladan. Iing melihat saat ini anak SLTP dan SLTA pengguna kendaraan bermotor luar biasa jumlahnya. ”Saya sering menyampaikan sebagai informasi kita tidak bisa menolak kondisi ini,” ujar Iing Syamarifin pada acara launching Bulan Peduli Keselamatan Jalan tingkat Kabupaten Ciamis, Selasa (19/5) di arena Wisata Edukasi Watter Bum Sukahaji Cihaurbeuti.
Usai melaunching acara tersebut, Bupati Ciamis memberikan keterangan kepada HR. Dikatakan, dirinya tidak melegalkan anak SMP untuk mengendarai kendaraan dan mendapatkan SIM, namun kondisi tidak mungkin untuk dibendung. Karenanya, anak SMP dan MTs boleh ke sekolah mengendarai kendaraan. ”Hanya ke sekolah saja,” ujarnya dengan tegas.
KBO Lantas Polres Ciamis, Iptu Warjo S menanggapi statemet Bupati Ciamis dan mengatakan lebih baik dan seharusnya anak SMP dan MTs diantar orang tuanya atau yang dewasa sudah memiliki SIM. Alasannya sederhana, aturan berlaku secara tegas dan berlaku untuk semua.
Pencanangan Bulan Peduli Keselamatan Jalan, sekaligus pembukaan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalin & Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (Akut) tingkat Kabupaten Ciamis 2015, dilakukan oleh Bupati Ciamis dari 19 Mei 2015 – 19 Juni 2015.
Hal itu, seperti dikatakan Kadishubkominfo Ciamis, Aep Saepoloh, dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-373 dengan maksud dan tujuan daram rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentinggaya keselamatan jalan, menciptakan ketertiban berlalu-lintas, dalm rangka meraih kembali penghargaan Peresiden (Wahana Tata Nugraha).
Acara diisi dengan berbagai kegiatan, yaitu pemilihan pelajar pelopor keselamatan jalan teladan, pemilihan awak kendaran umum (akut) teladan yang diikuti oleh perusahan angkuatan auto bis, angkutan kota, angkutan barang, pemberian fasilitas bantuan kepada sekolah, baksos, program lanjutan roadshow (Saba Sakola). Juga, pembinaan para juru parkir, uji laik jalan mobil dinas dan lain-lain.
Sementara itu, Ketua Organda Ciamis yang juga anggota DPRD Ciamis Fraksi Dinamis, H Dadang Rudayat mengaku prihatin atas tingginya angka kecelakaan lalu-lintas yang diantaranya menimpa dan penyebabnya awak kendaraan angkutan.
Dengan adanya pemilihan Akut Teladan dan Bulan Peduli Keselamatan Jalan diharapkan awak angkutan yang telah memperoleh sertifikat mengikuti pelatihan, dan juga yang terpilih menjadi Akut Teladan bisa berbagi ilmu dan saling mengingatkan sesama teman Akut lainya untuk meciptakan Kamseltibcar jalan dengan sikap tertib, santun, beretika di jalan hingga angka kecelakaan yang sangat merugikan bisa turun. ■ abraham/dm

Tinggalkan Balasan