Budidaya Lele Lumbung Berkah UMKM Yang Mendapat Bantuan CSR dari PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi

oleh -83 views
Budidaya Lele Lumbung Berkah UMKM Yang Mendapat Bantuan CSR dari PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi.

SUKABUMI, HR – Gerakan Desa Berdikari (Gesari) merupakan program ekonomi produktif dari CSR PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM lokal serta mendukung kesejahteraan masyarakat. Perusahaan memberikan pendampingan usaha kepada masyarakat desa dalam bentuk pelatihan dan pendanaan. Program ini telah menghasilkan lebih dari 50 UMKM lokal, seperti Ikan Lele Lumbung Berkah, Madu Tanjungsari, dan Sidat Bumi.

program Gesari yang telah kami gagas sejak tahun 2021 mendapatkan antusiasme yang baik dari masyarakat, sehingga mereka bisa meningkatkan geliat ekonomi desa,” jelas Indra Leksono.Government Liaison and Community Relation Manager.

Budidaya Lele Lumbung Berkah merupakan salah satu contoh UMKM yang memperoleh pendampingan usaha dari perusahaan senilai Rp143 juta pada tahun 2021-2022. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan sehingga Lumbung Berkah semakin besar. Sebelum dibantu perusahaan, kami hanya memproduksi 10 ribu ekor benih, tetapi kini bisa mencapai 200-400 ribu ekor benih lele dalam satu siklus. Lumbung Berkah juga berhasil mendukung Desa Sukamaju menjadi ikon kampung lele,“ ujar Dida Ketua Pokdakan Lumbung Berkah.

Berkat konsistensi perusahaan dalam membangun Sukabumi, PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi meraih dua penghargaan dalam Forum CSR Jawa Barat 2022 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Loading...

Penghargaan tersebut meliputi 1st Place Winner pada kategori “Stunting Eradication Award” dan 2nd Place Winner pada kategori “Millennial Farmers Award”. Pada tahun yang sama, dua UMKM binaan perusahaan yaitu Pokdakan Lumbung Berkah dan Pokdakan Sidat Bumi turut meraih Anugerah Sukabumi Award 2022 dalam acara HUT Kabupaten Sukabumi ke-152. ida

Tinggalkan Balasan