43 Puskesmas akan Dapatkan Dana BOK

oleh -288 views
TANGERANG, HR – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan 43 Puskesmas di wilayah kabupaten Tangerang akan mendapatkan dana bantun operasional kesehatan (BOK), dana tersebut bersumber dari dana Anggaran Pembelnjaan Negara (APBN) 2015. Direncankan dana BOK tersebut pencairannya akan dilakukan bulan ini.
Corah Kabid Pelayanan Dinas Kesehatan kepada HR, Selasa (12/5) mengatakan, jumlah yang diterima oleh Puskesmas berpereasi dari sekitar Rp 100 juta sampai Rp 89 juta dana tersebut akan dipergunakan untuk program kesehatan prioritas yang mencapai target pencapaian.
“Dana BOK untuk mencapai beberpa poin di antaranya, upaya untuk menurunkan prevalensi balita gizi kurang dan gizi buruk, upaya penurunan angka kematian balita, menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan mewujudkan akses kesehatan repruduksi bagi semua” ujarnya.
Dijelaskan, bukan itu saja Puskesmas juga memprogramkan dan mewujudkan akses terhadap pengobatan HIV/AIDS untuk mencegah penyebaran HIV/AID secara dini serta mengendalikan penyebaran dan menurunkan jumlah kasus baru mlaria dan TB.
Menurutnya, lebih penting lagi adalah meningkatkan akses kesehatan terhadap masyarakat agar cepat terlayani terlebih terhadap sumber air minum dan sanitasi dasar yang layak untuk jadi perhatian Dinas Kesehatan. ■ sul/ck

Tinggalkan Balasan