2 Kecamatan Kembali Terima Bantuan Pompong

oleh -216 views
Pompong berjenis bahan fiber yang diterima
masyarakat Kuala Mendahara
TANJABTIM, HR – Sebanyak 80 unit bantuan Pompong melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) diserahkan langsung oleh Bupati, H,Zumi Zola Zulkifli. STP. MA secara simbolis di Rt 33, Kelurahan Mendahara Ilir, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjabtim.
Proses penyerahan Pompong tersebut dihadiri Kadis DKP, A,Riadi Pane, Ketua DPRD Tanjabtim Romi Hariyanto, para SKPD Tanjabtim, Camat Mendahara, Barusman S Sos, para Rt dan Rw, BKMT, serta tokoh masyarakat juga turut hadir.
Kadis DKP Tanjabtim A,Riadi Pane menyebutkan, dalam penyerahan bantuan Pompong tersebut, terbagi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Mendahara Ilir dan Kecamatan Sabak Timur ,Kecamatan Muara Sabak Timur sebanyak 38 unit, dan untuk Kecamatan Mendahara ilir sebanyak 42 unit. “Sesuai intruksi Bapak Bupati Tanjabtim, bahwa ini merupakan tahun keempat yang telah disalur kan ke setiap kecamatan,”jelasnya.
Lanjutnya, sebagaimana bantuan yang akan diserahkan langsung oleh Bapak Bupati, Pompong berbentuk ukuran 1 Gt berjenis bahan viber beserta alat tangkapnya, dan juga dilengkapi rompi pengamanan. Apalagi sebelumnya nelayan di Kecamatan Kuala Jambi ada yang dikabarkan meninggal, dampaknya nelayan tersebut tidak mematuhi tata cara penggunaan serta manfaat alat pengaman yang sudah diserahkan oleh pemerintah agar dapat dipergunakan selalu setia saat pergi melaut.
“Tentunya dengan bantuan tersebut paling tidak nelayan dapat mempergunakannya dengan baik. Tidak hanya pada bantuan Pompong saja, alat perlengkapanya juga diserahkan, bagaimanapun juga dengan bantuan Bapak Bupati melalui program Samudra, nelayan sudah dapat merasakan dampaknya sendiri, arti kata program harus tetap kita dukung, demi terciptanya masyarakat Tanjabtim yang adil dan sejahtera,” katanya.
Terpisah salah satu nelayan di Kelurahan Mendahara Ilir, Bagon, mengutarakan dengan adanya bantuan ini paling tidak warga sangat
berterima kasih sekali, yang selama ini hanya mengandalkan perahu. Namun kini Pompong beserta alat tangkapnya dan jaket pengamanan sudah dapat kita rasakan sendiri.
Sementara itu Bupati Tanjabtim H Zumi Zola Zulkifli S Tp MA mengatakan, tidak terasa tahun 2015 ini, dalam kepemimpinan saya menjadi Bupati bersama Wakil Bupati Ambok Tang, lebih kurang empat tahun, dan tentunya setiap tahun melalui program – program pro rakyat.
Menurutnya bantuan Pompong tersebut dikengkapi dengan peralatan alat tangkap, yang telah disalurkan pada tahun 2012 hingga 2015 sebanyak 2000 unit. Selain itu, BBM juga telah kita persiapkan untuk para nelayan dengan harga yang terjangkau. Apalagi sebelumnya para nelayan banyak yang mengeluh terutama faktor harga BBM, tambahnya.
Camat Mendahara Ilir Barusman mengharapkan, melalui bantuan yang diberikan Kepala Daerah Tanjabtim ini terutama para nelayan untuk dapat mempergunakan alat pengaman diri dengan baik, demi menjaga keamanan dirinya saat di laut. Arti kata apa yang telah diberikan pemerintah selama ini paling tidak nelayan itu sudah merasakan dampaknya. ■ Ardiansyah

Tinggalkan Balasan