1,7 Hektar Hasilkan 70 Ton Cabe

oleh -271 views
TANJABTIM, HR –  Keberhasilan yang sudah di raih A Rahman, ketua Gapoktan Timbul Jaya, Desa Simbur Naik, Kecamatan Muara Sabak Timur, di bidang pertanian pada 2014 harus diapresiasi. Ia berhasil panen cabe mencapai 70 ton per tahun di atas lahan seluas 1,7 hektar.
Rahman pemilik usaha tanaman cabe di temui HR mengatakan mendapatkan hasil yang maksimal. “Saya yakin hasil pada tahun ini akan jauh lebih meningkat dari tahun sebelum nya, karena saya telah mengikuti pelajaran tata cara tanam cabe sistem jajar legowo (Jarwao), belajar dengan tim panah merah,” ujarnya.
Tanaman cabenya jenis cabe merah yang ramping dan panjang, dari 70 ton cabe ia telah menggelontrokan uang mencapai Rp 100 juta. Uang dibelanjakan untuk pembelian pupuk organik dan pupuk susulan seperti MPK, Tanaman cabe yang akan dipanennya nanti, Rahman yakin akan lebih menjanjikan jika dilihat dari hasil buahnya. Panen pertama di awal tahun lalu selama 7 kali hasilnya berlipat ganda. Mulai panen pertama sekitar 50 kg, kedua mencai 100 kg dan seterus nya. Ia optimis penghasilannya akan lebih memuaskan.
“Dan ini sudah saya rasakan pada tahun sebelum nya,” ucap Rahman.
Rahman juga telah mempersiapakan alat pertaniannya handtraktor dan membangun gudang ‘alsintan’ (alat sistem pertanian). Hal itu menurutnya, juga untuk menjaga tak terjadi perseteruan sesama kelompok petani. “Karena ingin menggarap sawahnya terlebih dahulu, sedangkan handtraktor tersebut masih sangat kurang,” ujarnya.
Gapoktan Timbul Jaya yang dipimpinnya, saat ini baru memiliki handtraktor 18 buah, sedangkan kelompok tani ada 24 kelompok, satu kelompok 25-40 orang. Adapun kapasitas 50 hektar lahan untuk kelompok berjumlah 25 orang, lahan 80 hektar untuk 40 orang, karena perorangnya memiliki lahan seluas 2 hektar.
“Dengan hasil panen cabe tahun ini kami akan meningkatkan kualitas pertanian, dan kami para kelompok tani bukan hanya untuk menanam padi saja, tetapi akan menanam sejenis tanaman yang akan menghasilkan penghasilan para kelompok tani ini menjadi semakin meningkat,” tuturnya.
Ir Maushul Kepala Dinas Perkebunan Kab Tanjabtimur menuturkan, terkait bantuan yang pernah diajukan oleh A Rahman, diakuinya memang benar ada, “Kami dari dinas akan berusaha semaksimal mungkin, dan kita juga berusaha agar permintaan ini dapat di penuhi oleh pihak pusat,” kata Maushul. ■ tim

Tinggalkan Balasan