Bupati Simalungun Kunjungi Nagori Dolok Maraja

oleh -358 views
SIMALUNGUN, HR – Bupati Simalungun JR Saragih bersama Sekda Gidion Purba serta beberapa pimpinan SKPD melakukan kunjungan kerja ke Nagori Dolok Maraja Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, Sumut, Selasa (7/4/2015).
Bupati dan rombongan meninjau pelaksanaan gotong royong masyarakat dirangkai dengan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Sedangkan kawasan pemukiman penduduk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan kegaiatan pemoggingan (pengasapan) untuk memberantas nyamuk demam berdarah.
Disamping itu, Pemkab Simalungun juga melakukan kegiatan layanan pembuatan KTP, Kartu Keluarga (KK), pengurusan akte lahir dan perkawinan catatan sipil. Di bidang kesehatan, Pemkab meluncurkan layanan KB (keluarga berencana) gratis kepada masyarakat seperti pemasangan implan yaitu alat kontrasepsi di bawah kulit.
Kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Bahapal Desa Dolok Maraja Kecamatan Tapian Dolok dan mendapat respon yang prositif masyarakat berbagai pelosok desa.
Selanjutnya, bupati bersama rombongan menuju ke sebuah dusun terpencil yaitu Bintang Mariah Nagori Dolok Maraja yang berlokasi persis di dekat lereng Gunung Simbolon. Sejumlah warga sontak kegirangan dan langsung memberikan peluk-salam. “Saya sudah 35 tahun di kampung ini, baru kali ini bupati mau datang ke tempat kami,” kata seorang warga.
Di Bintang Mariah, Bupati melakukan dialog terbuka dengan masyarakat. Dikesempatan itu, warga mengeluhkan belum adanya sarana air bersih. Kemudian, banyak yang belum memiliki KTP dan KK.
Sementara, jembatan Bah Ranggasan menuju Desa Bintang Mariah dinilai memprihatinkan, sehingga butuh perbaikan. Menyikapi aspirasi masyarakat, Bupati JR Saragih akan mengupayakan dana Rp 150 juta untuk pembangunan sarana air minum yang nantinya menjadi swakelola masyarakat. Kemudian, 77 KK dibantu dalam pengurusan kartu BPJS kesehatan, begitupula dalam pengurusan KTP dan KK.
Sementara soal keluhan jembatan, bupati langsung menginstruksikan kepada Kadis PU Bina Marga Johanes agar segera melakukan upaya pembenahan. Kebijakan bupati itu disambut gembira oleh masyarakat.
Turut dalam rombongan bupati diantaranya, Asisten II Debora Hutasoit, Kabag Umum Pahala Sinaga, Kadis Kominfo Sarimuda Purba, Kasatpol PP Rizal EP Saragih, Danramil 05/Serbelawan Kapt Czi P Naibaho, Camat Tapian Dolok, Ester Tambunan dan lainnya.
Di perjalanan, JR Saragih terharu begitu bertemu dengan seorang pelajar berseragam SD bernama Deni Lasria Br Silalahi yang berjalan sambil memundak goni berisi biji coklat seberat kurang lebih 4 Kg. Terakhir diketahui bahwa coklat tersebut hendak dijual ke pasar atas perintah orangtuanya. Bupati prihatin dan meminta coklat tersebut, lalu memberikan uang Rp 1 juta kepada Deni. ■ jh

Tinggalkan Balasan