Wow, Capaian Indeks Pendidikan Garut Tembus 59,85

oleh -508 views
oleh
Wow, Capaian Indeks Pendidikan Garut Tembus 59,85.

GARUT, HR – Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, bahwa IPM Kabupaten Garut tahun 2023 sebesar 68,11 Poin yaitu meningkat 0,7 Poin dari tahun 2022 yang sebelumnya sebesar 67,41 Poin. Sementara untuk Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Tahun 2023 sebesar 7,84 tahun dan Harapan Lama Sekolah sebesar 12,16 tahun.

“Nah indeks pendidikan berapa? Indeks pendidikan kita ada di 59,85 artinya hampir di angka 60 secara agregat,” Ungkap Nurdin Yana selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Senin (12/2), pada gelaran apel pagi di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat.

Nurdin Yana mengatakan bahwa, hal ini menjadi tantangan bagi para insan pendidikan untuk meningkatkan angka Indeks Pendidikan. Alhasil melalui capaian Angka Partisipasi Murni (APM) tingkat SD dan SMP, Garut berada di angka/diatas rata-rata provinsi dalam hal pendidikan.

“Lebih tinggi dari pada APM tingkat provinsi, dimana APM tingkat SD mencapai 97,18 dan APM tingkat SMP mencapai 83,28, artinya, alhamdulilah Garut sudah di atas dan lebih tinggi dari rata-rata provinsi,”

Menurut Nurdin Yana bahwa, peran penting para pegawai Dinas Pendidikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan peran sebagai sumber amal ibadah melalui pelayanan di bidang pendidikan.

Pelayanan di bidang pendidikan, kata Nurdin Yana, bersifat multilevel marketing, dimana memberikan dukungan kepada guru dalam mengajar siswanya dalam mendidik generasi yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain, berimbas kepada yang terlibat akan mendapatkan pahala.

“Maka berbahagialah, bapak dan ibu mendapat pahala dari anak yang bapak ibu didik, dan tidak mengurangi pahala yang dilakukan,” tutur Nurdin Yana.

Nurdin Yana berharap bahwa, semoga dengan capaian ini, menjadikan suatu apresiasi yang sangat baik khususnya bidang pendidikan di Kabupaten Garut.

“Pencapaian ini bisa diraih tidak lepas dari peran penting semua pihak dalam pembangunan pendidikan di Kabupaten Garut, maka dari itu, kepada semua pihak agar tetap bisa menjaga raihan yang dicapai,” tandasnya.deni

Tinggalkan Balasan