Wako Padang, Ketua TP-PKK Kenalkan Budaya Minangkabau di Ambon

Mahyeldi dan Harneli Bahar saat berada di Ambon
PADANG, HR – Melalui Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) 2015 di Ambon yang dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi, Walikota Padang H Mahyeldi Ansharullah dan Ketua TPP PKK Kota Padang Harneli Bahar memperkenalkan budaya Minangkabau di Ambon, Provinsi Maluku, Selasa (5/5/2015).
Masyarakat Ambon dan perantau Minang, antusias menyambut kontingen pawai budaya Kota Padang dalam rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI tersebut. Dalam pawai budaya ini, Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah dan isteri menjadi model sepasang pengantin Minangkabau.
Walikota Padang, Mahyeldi Ansarullah usai ‘Welcome Dinner’ mengatakan cukup senang dengan digelarnya agenda Rakernas Apeksi di Ambon. Lewat agenda ini, Padang menampilkan kesenian dan sekaligus memperkenalkan budaya Minangkabau ke kota lain di Indonesia.
“Di samping itu juga dapat terbangun hubungan yang semakin kuat antara warga Padang dengan perantau asal Padang yang ada di Ambon,” kata Wako Mahyeldi.
Cukup banyak perantau Minang yang mengadu nasib di Ambon. Tentunya dengan latar belakang pekerjaan yang beragam pula. “Dengan kehadiran di sini, kita mengenal budaya daerah lain,” katanya.
Wako Mahyeldi juga mengakui jika selama ini dirinya bersama walikota lain di Indonesia saling berdialog dan menjalin komunikasi secara baik dengan tujuan agar dapat memberi masukan dan meningkatkan pembangunan masing-masing daerah. “Dari dialog itu cukup banyak kelebihan masing-masing daerah yang tentu kita adopsi,” kata Wako.
Dalam Rakernas Apeksi di Ambon kali ini masing-masing daerah membawa tanaman khas. Dan Walikota Padang diberi kesempatan menyerahkan tanaman khas tersebut langsung kepada Walikota Ambon secara simbolis mewakili walikota di Komisariat Wilayah I. Rencananya tanaman ini bersama 97 tanaman khas kota lainnya akan ditanam pada pagi hari Rabu (6/5), di halaman Lantamal IX Ambon. ■ art

Tinggalkan Balasan