Upacara Bendera dan Tumpengan Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-74 Kabupaten Sorong

oleh -124 views
Upacara Bendera dan Tumpengan Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-74 Kabupaten Sorong.

AIMAS, HR – Para Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Sorong peringati Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-74 Tahun 2020 dengan menggelar Upacara Bendera dan tumpengan di Halaman Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sorong, Jalan Wortel Lorong Nuri Unit II, Kelurahan Malasom, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Selasa (07/01/2020).

Bertindak selaku Pembina Upacara, Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, yang membacakan amanat Menteri Agama RI, bahwa Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan.

Menteri Agama menegaskan bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.

Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, Menteri Agama RI mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sorong memberikan penghargaan dan menyerahkan Satya Lencana Kepada 19 ASN Kementerian Agama Kabupaten Sorong.

Loading...

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sorong, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorong, Kadisminpers Lantamal XIV, Kasdim 1802/Sorong, Ketua PCNU Kabupaten Sorong, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Sorong, para tamu undangan lainnya dan para peserta upacara yang terdiri dari Pegawai Kementrian Agama Kabupaten Sorong, para guru agama, serta perwakilan siswa-siswi Sekolah Se-Kabupaten Sorong. hw

Tinggalkan Balasan