UGD Puskesmas Taman Jaya Diresmikan

oleh -219 views
SUKABUMI, HR – Bertempat di halaman Puskesmas Taman Jaya Kecamatan Ciemas, Bupati Sukabumi H. Sukmawijaya meresmikan Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Taman Jaya yang ditandai dengan gunting pita dan penandatanganan prasasti. Acara iti dihadiri Direktur Utama Bio Farma, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sukabumi, Camat Ciemas dan undangan lainnya.
Bupati mengatakan, pembangunan fasilitas UGD ini merupakan realisasi CRS Biofarma yang diperuntukan dalam rangka meningkatkan dan mendorong potensi perekonomian masyarakat Ciemas, dengan konsep desa binaan berbasis pariwisata. Sebagaimana dimaklumi, pembangunan nasional dan daerah yang terus menerus menunjukan peningkatan tapi tidak dipungkiri berbagai kendala dan permasalahan pembangunan kita hadapi bersama, dalam kontek jabar selain pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat.
Tantangan pembangunan ekonomi baik ekonomi pertanian ataupun non pertanian, pembangunan infrastruktur, pengangguran, kemiskinan, lingkungan hidup serta kerawananpangan masih menjadi isu mengemuka di dalam pembangunan. Menyikapi hal tersebut, pembangunan daerah terus berupaya menyelesaikannya namun demikian disadari bahwa hal tersebut tidak semuanya mampu ditangani oleh belanja pemerintah semata, karena dalam perwujudannya perlu modal yang cukup besar dan perlu ditunjang oleh mitra-mitra serta masyarakat.
Lebih lanjut dikatakan, di Kabupaten Sukabumi banyak perusahaan yang berdiri, baik dalam skala regional, nasional hingga internasional diharapkan dapat membantu baik secara ekonomi, sosial maupun lingkungan.
Harapan besarnya tentu saja dengan keberadaan dunia usaha dapat melakukan tanggungjawab sosial dan lingkungan di luar inti perusahaan dan dapat mendorong masyarakat menuju kemajuan serta dapat membantu pemerintah dalam realisasi pembangunan bagi masyarakat yang merata.
Oleh karena itu dengan dibangunnya unit gawat darurat puskesmas ini dapat meningkatkan pelayanan maupun kelengkapan prasarana sehingga dapat menjadi rujukan bagi masyarakat dalam berobat maupun pelayanan kesehatan lain, serta dapat memberikan pelayanan kesehatan akan diorientasikan pada pemenuhan standar pelayanan kesehatan yang optimal. Sehingga masyarakat dan wisatawan segera mendapatkan layanan kesehatan yang profesional, cepat, tepat dan memuaskan.
Direktur Utama PT. Biofarma, Iskandar melaporkan, di bangunnya puskesmas pariwisata adalah agar dapat memberikan pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat Ciemas dan para wisatawan. Adapun luas bangunan Unit Gawat Darurat Puskesmas Tamanjaya adalah 8 x 13 meter dengan menghabiskan dana sebesar Rp350 juta. Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula penyerahan peralatan medis kepada kepala puskesmas oleh Bupati Sukabumi dan penyerahan bantuan CSR oleh Direktur Utama Biofarma. ■ ida

Tinggalkan Balasan