Stikom Bali Gelar Konferensi Nasional System dan Informasi

oleh -194 views
Ari Jayanti Dosen Stikom Bali
DENPASAR, HR – Stikom Bali menggelar Konferensi Nasional System dan Informatika (KNS&I) di kampus Stikom Jalan Niti Mandala Renonm Denpasar, 9-10 Oktober membahas 178 makalah yang datang dari seluruh Indonesia.
Ketua panitia KNS&I 2015 Ni Ketut Dewi Ari Jayanti ST MKom mengatakan, 178 makalah itu diseleksi dari 205 makalah yang masuk ke panitia.
“Artinya sebanyak 27 makalah tidak masuk kriteria panitia,” kata Ari Jayanti.
Lebih jauh Ari Jayanti menjelaskan, konferensi ini akan diikuti sebanyak 607 peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari mahasiswa, dosen, pemakalah, dan praktisi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan budaya.
“Sebagai keynote speaker adalah Prof Zainal Abidin Hasibuan, PhD, ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (Aptikom) pusat yang sekaligus ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” terang Ari Jayanti.
Menurut Ari Jayanti KNS&I bertujuan memberikan sumbangan pemikiran dalam mempersiapkan Indonesia mengantisipasi era global yang berbasis teknologi dan informasi.
Selain itu, katanya, juga untuk memperkenalkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menciptakan atmosfer yang kondusif untuk penelitian dan pengembangan bagi masyarakat akademis dan pihak umum., menyediakan forum bagi para peneliti, perancang, teknisi, dan vendor untuk menyampaikan gagasan teknologi baru, hasil penelitian dan ide-ide dalam sistem informasi, ilmu pengetahuan serta budaya.
“Salah satu aspek penting yang ingin kami budayakan melalui konferensi ini adalah menciptakan hubungan timbal balik antara industri dan akademisi,” tukasnya.
Konferensi selama dua hari ini akan membahas berbagai topik, antara lain programming, database systems, information systems, data warehouse, expert systems, e-commerce, e-learning, data mining, soft computing, machine learning, pattern recognition, artificial intelligence, information retrieval, knowledge management, multimedia dan web, networking dan security, control and robotics, computer vision, game playing, numerical methods, computational complexity, risk management, customer relationship management, human computer interaction, bioinformatics, IT Governance. ■ anas

Tinggalkan Balasan