SMK Teknologi Balung Banjir Prestasi

oleh -789 views
JEMBER, HR – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Balung yang terletak di jantung Kota Balung, wilayah selatan jalur artenatif menuju Kabupaten Lumajang, merupakan sekolah swasta asuhan Ketua Yayasan D Soenarso.
Gedung SMK Teknologi Balung Jatim.
Beberapa waktu lalu, sekolah tersebut diterpa isu miring, yakni peserta ujian tidak dapat mengikuti ujian apabila tidak membayar tunggakannya. Isu itu cukup memukul kenyamanan belajar mengajar di SMK Teknologi.
Saat disambangi HR, Soenarso selaku Ketua Yayasan, membantah seluruh isu miring yang merugikan nama baik sekolahnya.
“Semua informasi itu tidak benar, karena tanggungan siswa itu hampir ada yang mencapai Rp6 juta. Cuma, setiap tidak mampu, wali muridnya suruh ke sekolah, itu pun tidak ada usur penekanan suruh bayar keseluruhan, dicicil semampu wali murid,” ujarnya.
Dalam suasana itu, Soenarso juga mengutarakan bahwa SMK Teknologi dalam kepemimpinan Kepala Sekolah, Drs Rahmadi Chomsidarto, sudah banyak menghadirkan beragam prestasi. Bahkan alumni SMK Teknologi Balung pun tidak perlu khawatir mencari lapangan kerja, karena sudah ada yang siap menampungnya, hasil kerjasama pihak yayasan dengan beberapa perusahaan ternama.
Kerjasama itu antara lain dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memberikan Sertifikat Keahlian di Bidangnya, dan Sertifikasi tersebut berlaku di seluruh Asia apabila digunakan untuk melamar pekerjaan. Kemudian, juga kerjasama dengan Yamaha, yang memberikan peluang kerja bagi Lulusan STM Balung Jurusan Otomotif Sepeda Motor. Kemudian, ada juga PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), suatu perusahaan terbesar pembangkit Listrik Jawa-Bali. Kemudian, Kubota, adalah perusahaan dibidang Otomatis Diesel yang akan memberikan Pelatihan dan peluang kerja bagi siswa STM Balung Jurusan Otomotif Kendaraan Ringan. Kemudian juga Daihatsu, Baratan Indonesia, dan lainnya.
“Menjadi sekolah yang maju tidak semudah kita mengembalikan telapak tangan, semua itu butuh proses serta dukungan wali murid, dan masyarakat,” ujar Soenarso.
Soenarso berharap ke depan SMK Teknologi Balung bisa menjadi percontohan sekolah-sekolah lain, kususnya di Kabupaten Jember, serta berusaha menjadi sekolah swasta terkenal se nasional sampai internasional, di bidang teknologi. febri


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan