Sinergitas Tingkatkan Layanan dan Mutu Pendidikan di Kepulauan Babel

oleh -274 views
Sinergitas Tingkatkan Layanan dan Mutu Pendidikan di Kepulauan Babel.

PANGKALPINANG, HR – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Pendidikan Menengah Tahun 2023, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kep. Babel, Kamis (19/1/2023).

Rakor yangmengusung tema “Melalui Sinergitas Kita Tingkatkan Layanan dan Mutu Pendidikan di Prov. Kep. Babel Tahun 2023” ini, juga membahas mengenai Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi , APK Pendidikan Menengah, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian erja (PPPK) dan Seputar Mutasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov. Kep. Babel Naziarto yang hadir pada acara ini mengungkapkan harapannya agar secara kualitas, Kep. Babel dapat menghasilkan orang-orang hebat di bawah naungan bimbingan Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan guru yang hadir pada kegiatan ini.

Ia juga berharap agar dalam setiap rumah di Kep. Babel ini terdapat dua orang sarjana. Ia mengajak semua pihak untuk bisa menanamkan kepada para orang tua yang ada di masyarakat agar dapat menanamkan hal tersebut.

“Supaya orang tua yang berhasil sebagai orang tua, apabila orang tuanya hanya pendidikan hanya tamat SD atau tidak tamat SD tetapi dia mampu menyekolahkan anaknya tamat SMP 1 tingkat di atasnya itu sudah berhasil apalagi dia bisa menyekolahkan anaknya tamat SMA lebih berhasil, apalagi kalau dia sampai sarjana S1, sampai S2, dan S3 itu baru orang tua yang berhasil, kita tanamkan itu kepada para orang tua yang ada di Kep. Babel,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa melalui kegiatan pagi hari ini menunjukkan semangat rasa memiliki terhadap anak negeri di Kep. Babel ini, agar generasi muda ke depan menjadi generasi yang berkualitas, sehingga mereka semuanya bisa melebihi cita-cita dan mereka juga akan menjadi pemimpin-pemimpin di negeri ini.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Kep. Babel M. Soleh yang juga hadir pada kegiatan ini mengatakan bahwa melalui dinas pendidikan, prestasi pembangunan pendidikan di Provinsi Bangka Belitung semakin baik.

“Ujung tombaknya bapak/ibu, mudah-mudahan melalui kegiatan pada hari ini bisa memberikan, menambah wawasan, atau pembuka mata hati kita untuk bisa lebih baik lagi bekerja ke depan. Masing-masing kita berupaya di sekolah itu punya target agar seluruh siswa yang ada di daerah sekitar kita itu bisa tetap melanjutkan pendidikan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kep. Babel, Ervawi menerangkan bahwa secara nasional untuk SMA/SMK Menteri sudah mengamanatkan, tujuan SMK bukan hanya satu-satunya untuk bekerja tetapi sudah meluncurkan program BMW, B-nya Bekerja, M-nya Melanjutkan, dan W-nya itu Wirausaha.

“Nah dengan arahan Menteri Kemendikbud tersebut diharapkan agar bisa terhindar dari lulusan SMK pengangguran,” terangnya.

Berdasarkan data BPS Kep. Babel, capaian angka partisipasi kasar atau APK pendidikan menengah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2020 hingga 2022 terbilang cukup baik jika mengacu pada data yang ada APK pendidikan menengah Babel lebih baik dari APK pendidikan menengah Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung bahkan APK pendidikan menengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah berada di atas rata-rata capaian secara nasional.

Loading...

Untuk APK Pendidikan Menengah Kep. Bangka Belitung pada 2020 capaian 87,15%; Tahun 2021 capaian 86,49%; Tahun 2022 86,50 %. Untuk angka APK Pendidikan Menengah secara Nasional pada tahun 2020 capaiannya 84,53 %; Tahun 2021 capaiannya 85,23%; Tahun 2022 capaiannya 85,49%. agus priadi

Tinggalkan Balasan