Sinergitas Dalam Upaya Pengendalian Inflasi Daerah

oleh -88 views

MUARA TEWEH, HR – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pertanian melaksanakan kegiatan pemberian bantuan untuk penanganan inflasi dengan memberikan bantuan benih jagung, bibit cabai, pupuk, pestisida, bibit ternak kambing dan pakan ternak kepada masyarakat dan kelompok tani yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara.

Bupati Barito Utara dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Pertanian Syahmiludin menyampaikan diketahui andil inflasi sepanjang Januari hingga Nopember 2022 pada komoditas pertanian dikarenakan beberapa faktor diantaranya pengaruh cuaca yang tidak menentu, serangan hama, kenaikan harga saprodi pertanian dan pakan ternak serta pada non pangan disebabkan karena adanya kenaikan harga minyak dunia.

Dukungan masyarakat secara aktif diperlukan untuk membentu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan lingkungan sekitar misalnya dengan menanam tanaman yang cepat menghasilkan dilahan atau pekarangan yang bisa dimanfaatkan, hal ini guna setidaknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Adapun salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara dalam penanganan inflasi pada hari ini yaitu penyerahan secara simbolis  bantuan benih jagung, bibit cabai, pupuk, pestisida, bibit ternak kambing dan pangan ternak kepada masyarakat dan kelompok tani, diharapkan semoga dengan adanya upaya ini dilakukan dapat menekan inflasi daerah khusunya di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” ungkap Syahmiludin mengakhiri sambutan Bupati.

Loading...

Sekretaris Dinas Pertanian Alianoor juga menyampaikan bahwa saat ini inflasi berpengaruh dalam menentukan harga barang di pasar secara keseluruhan. salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pertanian dalam penanganan inflasi adalah dengan memberikan bantuan kepada masyarakat dan kelompok tani meliputi Benih Jagung 6000 Kg, Bibit Cabai Rawit 3000 polybag, Benih Sayur 550 bungkus, Pupuk NPK 758 kg, Pestisida 904 Kg, Bibit Ternak Kambing 42 ekor, Pakan Ternak Ayam 171 sak dengan jumlah populasi sebanyak 8500 ekor,” tutup Aliannor. mst

Tinggalkan Balasan