Sidang Isbath di Bali Batal, Hilal Tertutup Awan

oleh -191 views

BADUNG, HR – Bertempat di Pantai Petra Jasa Kuta, Jl. H. Juanda, Kuta Selatan, Kab. Badung Bidang Bimbingan Masyarakat Masyarakat Islam Kanwil Kementerian Agama Prov. Bali menggelar Rukyatul Hilal 1440 H/2019.

Kegiatan rutin tersebut diadakan untuk menentukan awal bulan Ramadhan tahun ini. Turut hadir dalam kegiatan perwakilan dua ormas muslim tingkat provinsi yakni Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah sebagai saksi dari rukyatul hilal.

Ketua PA Kab Badung, Khairil dalam sambutannya menuampaikan bahwa pihaknya telah siap melaksanakan sidang Isbath jikalau pada sore hari ini (05/05/2019) hilal dapat terlihat.

Namun, hingga pukul 18.35 Wita waktu akhir terbenam matahari, hilal tidak terlihat karena tertutup awan. Terkait hal tersebut, perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Bali, Ardhi, menjelaskan fenomena ini.

“Menurut perhitungan hilal akan terlihat diantara pukul 18.09-18.35 Wita, saat melihat posisi matahari terbenam, perkiraan bulan ada di bagian kiri atas matahari. Namun hingga pkl 18.36 Wita posisi hilal masih tertutup awan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kali ini hilal tidak terlihat,” jelasnya.

Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Masyarakat Islam Kanwil Kementerian Agama Prov. Bali, Nurkhamid mengatakan bahwa dengan tidak terlihatnya hilal, maka sidang isbat batal dilaksanakan.

Loading...

“Bali memiliki karakteristik alam yang unik, dimana dalam 8 tahun terakhir hilal belum pernah terlihat dikarenakan faktor alam, baik itu tertutup awan maupun langit gelap karena mendung. Namun kami akan menunggu keputusan dari pusat untuk menentukan awal Ramadhan tahun ini,” tutupnya. gina

Tinggalkan Balasan