Semarakkan HPN 2023 PWI Jabar Kembali Gelar Lomba Menulis Berita Mendalam Bagi Jurnalis

oleh -634 views
oleh
Semarakkan HPN 2023 PWI Jabar Kembali Gelar Lomba Menulis Berita Mendalam Bagi Jurnalis.

MAJALENGKA, HR -Memeriahkan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat (Jabar), menggelar lomba karya jurnalistik kategori penulisan berita mendalam (Indept Reporting).

Kejuaraan ini mengusung tema, pers merdeka, demokrasi bermartabat.

Sub tema             : Pers Berbudaya, Ekonomi Berdaya, Lingkungan, Jabar Juara.

Lomba ini diperuntukan bagi para insan pers se-Provinsi Jawa Barat yang bekerja baik di media nasional maupun lokal. (cetak, online, radio maupun televisi).

Karya yang dilombakan harus terlebih dahulu dimuat di media masing masing atau media lain, dalam kurun waktu 1 Januari 2023- 30 April 2023. Jumlah karya yang dikirimkan setiap peserta maksimal 2 artikel.

Karya  jurnalistik yang diikutkan sertakan merupakan lomba karya jurnalistik berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Peserta sendiri jangan lupa mengirimkan salinan/scan kartu pers, scan KTP, dan nomor telepon. Karya jurnalistik dikirim melalui alamat email : lombajurnalistikpwijabar@gmail.com

Teknisnya, setiap peserta jangan lupa mencantumkan kategori tulisan dengan huruf KAPITAL dalam subjek email diikuti nama lengkap, nama media, tanggal dimuat.(Contoh : BERITA, Pulan, transjabar.com, Dimuat 21 Februari 2023). Untuk informasi lebih lanjut atau narahubung koordinator lomba Ghiok Riswoto (081222155500) Jejep Falahul Alam (085221599942).

Dewan juri sendiri  berasal dari kalangan profesional yakni Ketua PWI Jawa Barat, Praktisi Pers, Akademisi dan Ahli Pers.

Pemenang lomba sendiri akan diumumkan bersamaan dengan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) PWI Jawa Barat, Mei 2023 di Kabupaten Karawang dan akun instagram @pwijawabarat.

Keputusan dewan juri mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak melayani surat menyurat. Namun panitia berhak membatalkan pemenang, jika di kemudian hari ditemukan bukan karya asli. Hadiah maupun piagam penghargaan pun ditarik kembali.

Koordinator Lomba Karya Jurnalistik Ghiok Riswoto menjelaskan, guna menjaga kenetralan saat dilakukan penjurian, panitia tidak akan memperlihatkan identitas kepesertaan dan medianya.

Maka dari itu, lanjut dia, setiap peserta diharapkan mengirimkan karya tulisnya dalam format MS Word. Sedangkan bukti siaran dapat dikirimkan dalam format PDF atau JPG.

“Tulisan lomba harus asli karya sendiri, bernilai, inovatif, inspiratif bermanfaat dan bukan plagiat,” tegasnya.

Mengenai kriteria penilian lomba, lanjut dia, karya harus mampu memberikan informasi yang akurat dan berimbang. Termasuk harus dapat memberikan gagasan atau ide-ide yang inspiratif sekaligus kritik yang membangun.

“Objektivitas, kedalaman dan kelengkapan materi itu pun menjadi bahan penilaian dari dewan juri,” ucapnya.

Sekretaris Lomba Jurnalistik H Jejep Falahul Alam menambahkan, tujuan utama dari penyelengaraan lomba karya jurnalistik ini, bukan hanya sekedar perlombaan yang pada umumnya dilaksanakan. Namun yang terpenting itu memberikan apresiasi atas gagasan maupun karya terhadap persoalan yang menyita perhatian publik.

“Lomba ini dimaksudkan juga untuk memeriahkan HPN PWI Jabar tahun 2023. Tujuannya, tentunya melestarikan budaya literasi, mengedukasi masyarakat sekaligus memberikan solusi atas persoalan yang terjadi di masyarakat,” tukasnya.

Bagi jurnalis yang berminat selain mengirim lewat email bisa mendaftar melalui pengisian Google Form berikut ini :

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSez-KhUz20wzHo48BSR-QrT7zk5HSitK99Vxdu2cH-VNxssDA/viewform?usp=sf_link . lintong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *