Sekda Majalengka Buka Bintek Pengusaha Mangga Kerjasama Unikom

oleh -577 views
oleh
Sekda Majalengka Buka Bintek Pengusaha Mangga Kerjasama Unikom.

MAJALENGKA, HR – Sekertaris Daerah (Sekda) Majalengka membuka Kegiatan Optimalisasi Manajemen Berbasis Digital dalam meningkatkan daya saing UMKM pengepul buah mangga bertempat di hotel Garden, Senin (12/03/2023).

Kegiatan yang di prakarsai oleh Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dihadiri Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka Drs. H. Eman Suherman, MM, Wakil Rektor 2 Unikom Bandung Prof. Dr Agus Riyanto, S.T.,M.T, Ketua Prodi Doktor Ilmu Manajemen Unikom Prof. Dr. Ir. H. M. Yani Safel, M.Si,  Prodi Pasca Sarjana Unma, serta peserta dari pengusaha buah mangga yang ada di Kabupaten Majalengka.

Wakil Rektor UNIKOM Bandung Agus Riyanto mengatakan saat ini kita akan melakukan MOU antara Unikom bersama Pemkab Majalengka dan Unma terkait peningkatan sumber daya manusia dalam manajemen usaha buah mangga.

“Pemerintah ingin menguatkan ekosistem sistem ekonomi digital melalui wirausaha tentu banyak sekali perkembangan luar biasa, para pengusaha mangga harus menunjukan bahwa kita mampu berharmonisasi dengan zaman,” jelas Agus.

Ketua Prodi Doktor Ilmu Manajemen Unikom H. M. Yani Safel, menambahkan bahwa Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. PKM yang merupakan bentuk pelaksanaan dalam pengaplikasian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya pada masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai peningkatan sumber daya manusia yang mampu berdaya saing, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Unikom pun rutin menjalankan PKM pada berbagai bidang terutama UMKM,” tutur Yani.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka Drs. H. Eman Suherman, MM, dengan adanya kegiatan dan kerjasama ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan dalam manajemen pemasaran sebuah prodak, dalam hal ini buah mangga.

Kabupaten Majalengka merupakan salah satu penghasil buah mangga gincu, dengan peningkatan pertumbuhan eknonomi di wilayah Majalengka dan sekitarnya serta ditopang keberadaan jalan tol serta bandara, diharapkan pertumbuhan ekonomi akan terus maju.

Pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Majalengka sebanyak dua ribu lebih dari jumlah penduduk sebanyak 1,3 juta .

Saat masa pandemi covid -19  majalengka  masih bisa bertahan dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil karena diantaranya dengan berbagai program bantuan kepada para pelaku usaha yang ada di kab. Majalengka.

“Pemkab Majalengka telah melakukan kerjasama pemberdayaan pelaku UMKM dengan pihak ke tiga baik dengan bank atau dengan pengusaha sebagai salah satu bentuk kepada para pelaku usaha di Kabupaten Majalengka terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” jelas Sekda. lintong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *