Sektor Pendidikan Miliki Peranan Penting

H. Kherlani menerima cinderamata dari Ponpes Modern Darussalam Gontor Kampus 9. 
LAMSEL, HR – Sektor pendidikan baik formal maupun non formal memiliki peranan yang sangat penting dalam perbaikan kualitas sumberdaya manusia. Melalui jalur pendidikan seperti ini akan dapat terbentuk karakter dan kepribadian anak didik kita yang cerdas, terampil dan berbudi pekerti serta berakhlaqul karimah yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan.
Hal tersebut ditegaskan Pjs. Bupati Lampung Selatan H. Kherlani, SE, MM pada acara syukuran 10 tahun perjalanan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Kampus 9, di kampus pondok tersebut Kalianda, Rabu (26/8).
“Sejalan degan perkembangan masyarakat dewasa ini, maka pembangunan keagamaan dan pembangunan mental rohaniah masyarakat harus semakin dapat kita kembangkan dalam rangka memperoleh keseimbangan kehidupan masyarakat, baik secara fisik material maupun mental spiritual. Usaha untuk peningkatan kehidupan keagamaan ini, tentunya telah banyak dilakukan oleh masyarakat kita, antara lain melalui lembaga-lembaga pendidikan seperti Madrasah maupun melalui Pendidikan Pesantren,”jelas Kherlani.
Menurutnya, di lingkungan Pendidikan Pondok Pesantren pada mulanya lebih banyak menekankan pada ilmu agama semata, akan tetapi sekarang telah dikembangkan dengan memberikan pendidikan umum dan ketrampilan-ketrampilan baik di bidang pertanian, perkebunan, teknologi dan lain sebagainya yang akan berguna bagi bekal dirinya dalam kehidupan di masyarakat.
“Langkah maju ini harus makin kita dukung dan kita kembangkan, sehingga keberadaan lembaga-lembaga pendidikan agama seperti Pondok Pesantren seperti ini akan senantiasa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dalam kaitan ini, perlu kita usahakan agar anak-anak didik tamatan Pondok Pesantren dapat memperoleh pengetahuan praktis kemasyarakatan, sehingga mereka nantinya dapat hidup secara mandiri, serta dapat mengembangkan ketrampilan yang mereka miliki di tengah-tengah masyarakat,”ucapnya.
Oleh karena itu kami mengharapkan baik kepada para alim ulama, tokoh masyarakat dan para guru agama untuk dapat semakin meningkatkan tugas dan tanggung jawabnya bagi peningkatkan kecerdasan dan ketrampilan umat ini, sehingga dapat tercipta kondisi masyarakat yang maju, serta harmonis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”imbuh Kherlani.
Akhirnya, tambahnya, saya berharap kepada pimpinan, pengurus, sesepuh, ulama dan keluarga besar Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Kampus 9, teruslah menjadi salah satu kebanggaan, salah satu lembaga pendidikan yang unggul. Teruslah mendidik dan mempersiapkan generasi muda yang tangguh, bukan generasi muda yang cengeng, generasi muda yang pesimis, generasi muda yang mengejar kesenangan duniawi, generasi muda yang masuk dalam perilaku yang tidak baik, narkoba, pergaulan bebas, dan lain-lain dan teruslah beramal bagi masyarakat luas. ■ santi

Tinggalkan Balasan