Sekolah di Pedesaan Memprihatinkan dan Butuh Perhatian

oleh -91 views
Sekolah di Pedesaan Memprihatinkan dan Butuh Perhatian.

MUARA TEWEH, HR – Bahana Edwin salah seorang ketua LSM di Barito Utara yang akhir-akhir ini merasa kecewa dengan kondisi sekolah di pedesaan yang bahkan masih berlantai tanah liat.

Menurut Ketua LSM Wanari Barito Utara, Bahana Edwin, sekolah dasar yang berada di pelosok Desa, kurang mendapat perhatian Pemerintah. “Sekolah yang sudah memenuhi syarat, baik fisik bangunanya maupun tenaga pendidiknya kebanyakan hanya berada di wilayah perkotaan saja, sementara sekolah yang berada di pinggiran Kabupaten masih jauh dari kata standar, belum memadai seperti yang diharapkan,” kata Bahana, Rabu (20/11/2019).

Seperti dikawasan Kecamatan Teweh Baru, dalam catatanya masih adanya ditemukan sekolah yang belum layak, terutama dari segi fisik bangunan. Bahkan ada sekolah yang dibangun dari swadaya masyarakat. “Contohnya seperti SD kunjung liang buah yang berada di Jalan Simpang Tiga lintas Kaltim Rt 3, memang terlihat ada tiga ruangan belajar, namun belum mampu untuk menampung murid yang ada, bahkan sebagian lantai ruangan masih dari tanah liat,” jelas Bahana Edwin.

Bahana menambahkan, “Daripada anak putus sekolah, maka sekolah dibangun dengan swadaya masyarakat, kalau anak sekolah ditempat lain, jalan terlalu jauh untuk anak SD,” sebutnya.

Dan sekolah lainya yang berada di pelosok Desa Barito Utara, masih memprihatinkan seperti di Kecamatan Lahei dan Kecamatan lainya yang jauh dari Kota. Namun tenaga pendidiknyapun perlu perhatian, karena kebanyakan tenaga pendidiknya masih honor, yang PNS hanya Kepala sekolah. “Sementara masyarakat membutuhkan pendikan yang baik dan standar, hal ini memang telah perna kita sampaikan ke DPRD,  namun realisasi belum maksimal,” ungkap Bahana.

Loading...

Ia berharap pihak terkait dapat mencarikan solusi terbaik untuk dunia pendidikan, agar generasi bangsa ini dapat mengecam pendikan yang baik dan nyaman. Sementara Plt Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin, terkait permasalahan, belum bisa dikonfirmasi wartawan. mps

Tinggalkan Balasan