Sekda Naziarto: Anggota Korpri Bertanggung Jawab, Melayani, dan Ber Akhlak

oleh -68 views

PANGKALPINANG, HR – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep. Babel) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Sekretaris Daerah (Sekda) Kep. Babel Naziarto, menjadi pembina pada upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Babel, Senin (5/12/2022).

Pada tahun ini, Korpri Babel mendapatkan perhatian lebih dari Pengurus Pusat Korpri. Saat dilaksanakannya peringatan Hari Korpri yang dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu, disebutkan Sekda Naziarto dalam amanatnya, dirinya menerima penghargaan Korpri Award kategori Inspiring. Atas capaian itu, ia pun mempersembahkannya untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kep. Babel.

Dilanjutkan sekda, Korpri Award ini juga menjadi tahun kedua secara berturut-turut yang diterima, setelah tahun lalu diberikan penghargaan serupa pada kategori Kepengurusan. Hal ini membuktikan jika kinerja Korpri di Negeri Serumpun Sebalai sudah sejalan dengan tema yang diusung tahun ini, yaitu “KORPRI Melayani Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri”, sekaligus menunjukkan etos kerja yang semakin meningkat dari para ASN.

Hanya saja, Sekda Naziarto mengingatkan kepada seluruh jajarannya, baik ASN di lingkup pemerintahan provinsi, kabupaten/kota, maupun vertikal, untuk tidak berpuas diri, dan tetap menjunjung tinggi semangat dan semboyan Ber Akhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Ia berharap Korpri dan ASN dapat betul-betul menjadi pengayom, baik bagi diri sendiri, bagi masyarakat, pemerintah, maupun negara.

“Oleh karena itu, apapun yang kita lakukan niatkan dengan ibadah, bahwa semua yang¬† kita perbuat dalam melayani itu ibadah. Bagi kita semua sebagai ASN, itu kebanggaan bagi kita karena tidak semua orang di republik ini bisa menjadi ASN, dan kita bersyukur kita menjadi anggota Korpri,” katanya.

Sekda Naziarto juga meminta kepada seluruh ASN dapat menghargai, dan membesarkan Korpri sebagai satu-satunya organisasi bagi seluruh pegawai negeri. Sebab, ia mengibaratkan Korpri dan ASN selaiknya tubuh dan jiwa yang tidak dapat terpisah antara satu dengan lainnya, sehingga harus dapat dijaga bersamaan sebagai satu-kesatuan. Ia juga mencontohkan salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan menanamkan nilai PNS (Profesional, Netral, dan Sejahtera).

“PNS itu tindakan yang profesional, bersikap netral, dan harus sejahtera sebagai harapan. Kita harus menanamkan nilai-nilai spiritual ini dalam diri kita. Kalau sudah BerAKHLAK, maka pelayanan kepada masyarakat akan baik sesuai semboyan kita. Selagi negeri ini ada, maka PNS harus ada, dan Korpri harus maju terus. Selagi bangsa ini ada, maka semua ASN masih bertanggung jawab bagi bangsa, dan negara. Silakan pemimpin silih berganti, tetapi Korpri tetap utuh, dan maju terus,” katanya.

Usai upacara, Sekda Naziarto bersama unsur pimpinan di lingkungan Pemprov Babel juga menyerahkan penghargaan kepada para ASN berprestasi, juga penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana kepada perwakilan ASN yang sudah mengabdikan dirinya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama 10, 20, dan 30 tahun. Penyerahan hadiah juga diberikan kepada para pemenang perlombaan dalam rangka HUT ke-51 Korpri tahun 2022.

Loading...

“Penghargaan kepada PNS sekaligus tambahan bonus kepada mereka juga dari saya pribadi, saya ingin mengangkat harkat dan martabat PNS. Ini untuk memancing anggota lainnya, membangkitkan semangat memiliki organisasi para ASN, dan juga melihat supaya mereka punya etos kerja. Agar mereka bersemangat dalam bekerja, dan mereka betul-betul menjalankan semboyan BerAKHLAK. Dengan semboyan BerAKHLAK itu, mereka bersikap kepada siapapun bersifat melayani, karena anggota Korpri itu melayani, bukan dilayani,” katanya. agus priadi

Tinggalkan Balasan