Sebanyak 2.353 Penghasil Tembakau Mendapatkan BLT DBHCHT

oleh -99 views
Sebanyak 2.353 Penghasil Tembakau Mendapatkan BLT DBHCHT.

MAJALENGKA, HR – Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka), Jawa Barat menyalurkan Bantuan Tunai Langsung (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) bagi para petani tembakau di wilayah Kecamatan Kecamatan Lemah Sugih, Malausma dan Bantarujeg.

Penyaluran bantuan tersebut merupakan salah satu upaya gerakan pemulihan ekonomi nasional, sekaligus sebagai bentuk perhatian untuk meningkatkan kesejahteraan para pentani tembakau.

Plt Kepala Dinas K2UKM Kabupaten Majalengka, Rd. Muhammad Umar Ma’ruf menjelaskan, bahwa jumlah kesekuruhan BLT DBHCHT yang disalurkan yakni sebanyak 2.352 orang penerima manfaat yang tersebar di daerah penghasil tembakau di Majalengka.

Dari total jumlah tersebut diserahkan kepada para petani tembakau sebanyak 1.559 orang yaitu di Kecamatan Bantarujeg sebanyak 719 orang, Malausma sebanyak 97 orang , dan Lemah sugih sebanyak 743 orang.

Kemudian ditambah dengan pembagian BLT bagi para pekerja buruh pabrik sebanyak 793 orang yang diberikan besok hari di pabrik tembakau Sumberjaya.

Adapun besaran bantuan tunai langsung yang bersumber dari DBHCHT ini, para penerima manfaat akan menerima bantuan berupa uang sebesar Rp 300 ribu selama 12 bulan.

“Jadi total yang diberikan per orangnya bagi buruh tani tembakau sebesar Rp. 3,6 juta. Anggaran yang disediakan bersumber dari DPA Dinas K2UKM untuk program ini sebesar Rp. 8.467.200.000, untuk 2.352 orang penerima manfaat,” sebut Umar Ma’ruf, Kamis (22/12/2022).

Sementara itu Bupati Kabupaten Majalengka, H.Karna Sobahi memaparkan, bahwa dana bagi hasil itu diberikan sesuai amanat undang undang yang harus dilakukan oleh kepala daerah kepada penerima haknya sesuai ketentuan.

“Besaran jumlah untuk penerima manfaat itu utuh diberikan tanpa adanya potongan apapun. Apabila ada pihak-pihak yang meminta potongan dalam bentuk apapun, segera melaporkan ke kami,” tegas bupati.

Sebab, menurutnya, bantuan tersebut murni tanpa potongan dan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Majalengka ini berharap agar masyarakat petani tembakau di tiga wilayah kecamatan yang hari ini menerima bantuan tersebut dapat mensyukurinya.

Dirinya pun mengatakan, bahwa hal ini semata-mata dilakukan Pemkab Majalengka untuk memberikan perhatian dan kesejahteraan bagi para petani tembakau, terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Saya berpesan kepada Kepala Dinas Pertanian melalui para penyuluh pertanian untuk selalu memberikan penyuluhan bagi para petani tembakau agar hasil dari apa yang dikerjakan oleh para petani tembakau dapat lebih maksimal,” ungkapnya.

Loading...

Sementara dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekda, para Staf Ahli Asisten Daerah Kab. Majalengka, Kepala Dinas PUTR, Kasat Pol-PP, Kepala BPBD, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas P3AKB, Pimpinan Bank BJB Majalengka, para camat di 3 kecamatan yakni Camat Lemahsugih, Malausma dan Bantarujeg, Forkopimcam Lemahsugih, dan para petani tembakau dari 13 desa di 3 kecamatan sebagai penerima bantuan. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan