Sebagai Cagar Budaya, Bendung Pasar Baru Layak Jadi Wisata Destinasi Edukasi

oleh -45 views
Sebagai Cagar Budaya, Bendung Pasar baru Layak jadi Wisata Destinasi Edukasi.

TANGERANG, HR – Ada sembilan bangunan yang masuk dalam cagar budaya di Kota Tangerang yang telah disahkan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang (BP3S) dan kemudian Pemerintah Kota Tangerang menguatkannya dengan Keputusan Walikota No 430/kep.337- Disporbudpar/2011 tertanggal 25 Agustus 2011.

Satu dari sembilan cagar budaya tersebut adalah Pintu Air Pasar Baru. Bendungan Pasar baru di bangun pada tahun 1927 dan diresmikan tahun 1930. Bendungan ini awalnya bernama Bendungan Sangego kemudian berubah menjadi Bendungan Pintu Air Sepuluh atau Bendungan Pasar Baru. Bangunan ini memiliki 2 tingkat penghubung ke lantai atas menggunakan tangga yang berada diujung timur dan barat bangunan.

Di sebelah barat bendungan terdapat bangunan berdenah persegi, dengan pintu berupa pintu geser dari besi. Bangunan tersebut digunakan untuk menyimpan lori dan difungsikan sebagai gudang. Lori digunakan untuk membawa pintu air dan gudang. Keadaan bangunan tersebut dalam kondisi cukup terawat, dan lori masih bisa digunakan sampai sekarang.

Namun, meski telah ditetapkan sebagai cagar budaya, hingga saat ini belum terlihat adanya perubahan yang cukup signifikan dalam hal penataan.

Mengingat bahwa rekreasi atau liburan menjadi kebutuhan pokok masyarakat, sudah saatnya pemerintah daerah melakukan penataan dengan dasar kreativitas melalui potensi yang ada dengan peran serta masyarakat serta semua pihak.

Loading...

Cagar budaya Bendung Pasar baru memiliki nilai sejarah yang sangat penting dan layak dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi. Maka itu, Pemkot Tangerang harus melakukan penataan agar memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang datang. zn

Tinggalkan Balasan