Jelang Satu Abad Bendung Pasar Baru

oleh -53 views

TANGERANG, HR – Bendungan Pasar Baru atau biasa disebut bendungan Pintu Air Sepuluh terletak di Jalan K.S Tubun, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Menurut Operator Bendung Pasar baru, Cisadane, Sumarto, ST kepada Harapan Rakyat Online, Senin (27/7/2020), bendungan dibangun pada tahun 1927 dan mulai berfungsi pada tahun 1932 di masa penjajahan Belanda. Tujuannya, bendungan ini menjadi pusat pengaturan dijit air di Tangerang agar tidak terjadi banjir saat musim penghujan serta untuk pengairan sawah yang luasnya mencapai 23.440 Hektar.

“Saat dibangun oleh pemerintah Belanda tujuan awalnya, selain untuk irigasi juga sebagai sarana transportasi. Tapi, saat ini hanya untuk irigasi dan persediaan air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),” terang Sumarto.

Disebutkan, kontruksi bangunan yang terbuat dari beton bertulang ini memiliki 10 pintu air dari 11 tiang sebagai penopang.

Kesepuluh pintu air didukung oleh dua intake dan dua pintu penguras dan dijaga  sembilan petugas dengan sistem shift masing-masing oleh tiga orang dengan koordinator, Naaman. Bendungan melintang di jalur sungai Cisadane yang memiliki hulu di Gunung Pangrango dan Gunung Salak Bogor dan berakhir di laut Jawa.

Loading...

Masih menurut Sutarmo, menjelang satu abad atau 100 tahun dibangun Bendung Pasar baru-Cisadane telah memberikan kontribusi besar bagi pertanian serta ketersediaan air baku untuk PDAM di Tangerang. Dan menyongsong satu abad Bendung Pasar baru-Cisadane dan 75 Tahun Kemerdekaan RI, petugas bendung tetap semangat dan sigap dalam menjalankan tugas sesuai tugas pokok (Tupoksi) masing-masing dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. zn

Tinggalkan Balasan