SDN Candu Legok Ukir Prestasi Seni Budaya Sunda Lengseran

oleh -596 views
Pembina/ Pelatih Usin SPd sebelah kiri foto bersama anak-anak dan Ketua Karang Taruna.

TANGERANG, HR – Seni budaya tari adat Sunda Lengseran, merupakan seni Budaya yang turun temurun dan Kesenian ini merupakan Seni yang kerap kali di adakan di acar-acara Penyambutan Tamu-tamu kehormatan dan kerap kali di diadakan di setiap Pesta-pesta Pernikahan dan acara-acara Peresmian lainnya.

Seperti Halnya siswa siswi Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Candu I Legok, baru-baru ini mengelar tari Seni Budaya Sunda Lengseran menyambut rombongan Tim PKK Kab, tangerang dalam rangka Kunjungan Kerja Tim Pengerak PKK Kabupaten Tangerang 2018, Selasa (27/03).

Anak-anak Siswa siswi saat menyambut Tamu Kehormatan Tim Pengerak PKK Kab, Tangerang, dengan Seni Budaya Adat Lengseran.

Di bawah arahan Pelatih Usin Spd, 22 siswa-siswi mempelajari Seni Tari Lengseran dengan tujuan agar para Siswa-Siswi dapat mencintai dan minat dalam mengembangkan serta membudayakan Seni Budaya Sunda Lengseran, yang terdiri dari 2 Orang Peran Aki-aki dan Ninik-ninik, 4 Orang Penari Merak, 8 Orang Dayang, 2 Orang Pembawa paying, 2 Orang pembawa tombak pengawal, 10 orang bawa bendera umbul-umbul dengan total 17-22 orang.

Gerakan tari diiringi dengan music degung di Kabolari dengan irama pencak Silat Khas sunda atau padungdung. Hal tersebut di gunakan dan diadakan di acara, 1, Mapag Pengantin Pris/ Besan. 2, Mapag Tamu kehormatan, Penjabat Pemerintahan, 3, pelepasan Siswa-Siswi. 4, Acara helaran atau Pestival Budaya Sunda.

Usin Spd selaku Pembina dan Pelatih saat ditemui HR, Mengatakan, Kegiatan Seni Tari Budaya Sunda Lengseran ini mulai di Rintis sejak Tahun 2013 aktip tahun 2015 hingga sampai sekarang ini. Untuk latihan tidak dijadwalkan, hanya sewaktu-waktu ada acara baru mereka latihan.

Sementara di tempat terpisah, Ketua Karang Taruna Desa Serdang Wetan kepada HR mengatakan, Kami sangat bangga dan bersyukur dan berterimakasih sekali kepada Bapak Guru Usin yang telah menampilkan Seni Tari Budaya Sunda Lengseran, yang mana seni Tari ini, Kurang diminati oleh sebagian para anak-anak Remaja dan tentunya ini sebagai tantanan kedepannya untuk dapat dikembangkan, dimajukan dibudayakan hingga kegenerasi Penerus.

Loading...

“Peran serta dari semua Elemen masyarakat, dan Intansi Pemerintah untuk dapat memberikan dukungan dan bantuannya hingga Seni Budaya Sunda Lengseran ini dapat berkembang dan mengena di hati para Generasi Muda, terutama sarana dan Prasaran Sanggar tempat mereka berlatih,“ ungkapnya. angga mc

Tinggalkan Balasan