SDN 11 Kuningan Bangun Mushala Secara Swadaya

oleh -270 views
KUNINGAN, HR – Meskipun berada dipinggiran kota Kuningan, SDN 11 Kuningan yang jumlah siwanya 142 orang, tidak ketinggalan dalam upaya memajukan bidang pendidikan yang berlandaskan iman dan taqwa.
Hal tersebut sepertinya patut dicontoh sekolah dasar lainnya, khususnya sekolah dasar di Kabupaten Kuningan. Sebagaimana penuturan Kepala SDN 11 Kuningan UPTD SD Kecamatan/Kabupaten Kuningan, Hj. Eli, SPd kepada HR saat dijumpai di kantornya.
Menurut Eli pembangunan, mushala yang ada di sekolahnya sama sekali tidak mengadalkan bantuan dari pemerintah. ”Ini merupakan inisiatif dari guru agama, yang memulai dari pengumpulan bahan material yang diperlukan,” katanya.
Eli pun menuturkan selain hasil pengumpulan material guru agamanya, dia berupaya menggali potensi sekolah melalui pengumpulan sumbangan dari alumni sekolahnya. “Oleh karena itu saya sangat mengucapkan terimakasih kepada inisiator yaitu guru agama beserta para alumni dan orang tua murid beserta komite yang telah dapat mewujudkan bangunan mushola melalui swadaya murni,” akunya kepada HR.
Dikatakan Eli, mushala di sekolah dibangun semenjak dia menjadi kepala SDN 11 Kuningan, yaitu tahun 2009. Lebih lanjut dikatakan bahwa sudah hampir tujuh tahun menjadi kepala sekolah untuk itu dia juga sudah merasa betah karena sudah dapat beradaptasi dengan para guru termasuk diantaranya dengan masyarakat di lingkungan sekolahnya. “Sebelum ada masjid di sini, masyarakat di lingkungan sekolah biasanya pada bulan puasa satu ruangan dipinjam untuk sholat taraweh,” terangnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya mushala akan menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan para murid yaitu melalui kebiasaan mengadakan yasinan begitu juga setiap hari baik guru maupun murid menyempatkan diri untuk sholat sunat dhuha dan dhuhur di mushola. “Untuk program ke depan saya sedang berusaha mengajukan program bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) kepada Dinas Pendidikan Kabupaten. Agar ruangan ini lebih representative tidak seperti sekarang ruang kerja saya bisa bapak lihat,” pintanya kepada HR. ■ rda

Tinggalkan Balasan